HETANEWS

PLN: Masa Bos Kos-kosan masih Disubsidi

Acara Talk Show Akhir Pekan Terhangat Polemik Sindotrijaya Network.

Jakarta, hetanews.com- Pemerintah tidak lagi memberikan subsidi kepada pelanggan 900 volt ampere (va) yang dinilai dari golongan mampu. Pencabutan subsidi tersebut dilakukan pada 18 juta pelanggan dari total pelanggan 900 va sebanyak 23 juta pelanggan.

Dalam acara Talk Show Akhir Pekan Terhangan Polemik Sindotrijaya Network, Kepala Satuan Unit Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka menerangkan, sebenarnya banyak masyarakat yang salah persepsi terkait penyesuaian subsidi tepat sasaran yang dilakukan pemerintah sejak 1 Januari 2017 lalu. 

Dia menjelaskan, sebelumnya ada dua jenis golongan listrik rumah tangga yang masuk basis data terpadu TNP2K yaitu 450 va dan 900 va dengan total jumlah penerima subsidi sekira 46 juta pelanggan. Dari golongan 450 va, PLN memastikan tidak ada perubahan tarif dan untuk 900 va dilakukan penerapan subsidi tepat sasaran.

"Penerapan ini dilakukan pada 1 Januari. Kenapa tepat sasaran? Karena kita ingin subsidi ini diberikan secara berkeadilan dengan melihat siapa yang diberikan subsidi. Ternyata dari 23 juta pelanggan 900 va, hanya 4 juta yang layak menerima,"ujarnya, di Warung Daun, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, selama ini pemberian subsidi kurang maksimal, di mana dalam pemberiannya, baik pelanggan listrik 450 va dan 900 va mendapat subsidi. Hal inilah yang ternyata tidak maksimal, karena banyak masyarakat mampu yang memanfaatkan subsidi tersebut. 

"Jadi ada orang-orang punya kos-kosan pasang 450 va dan 900 va, padahal sudah pasti yang punya kos-kosan orang mampu. Masa orang mampu diberi subsidi. Jadi hal ini yang dilakukan pemadanan data,"ujarnya.

Sumber: Okezone

Editor: gun.