HETANEWS

Sejumlah Puskesmas Diperbaiki, Bupati Asahan: Tetap Lakukan Pengawasan

Puskesmas di Dusun 3 Kelurahan Bunut Barat yang direnovasi totalnya mencapai Rp 800 jutaan yang dimenangkan CV Mujur Jaya Tehnik. (foto : Heru)

Asahan, hetanews.com - Sesuai dengan program Pemkab Asahan yang dipimpin Bupati Taufan Gama Simatupang salah satunya ‘sehat’, sehingga di pengesahan APBD  tahun 2017 ini sejumlah Puskesmas di tingkat kecamatan dilakukan renovasi maupun pembangunan yang baru.

Hal ini pun dibenarkan Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Asahan, Rahmad Hidayat Siregar di ruang kerjanya, Jumat (7/7/2017) kepada hetanews. 

“Jumlah yang direhab dan ada dibangun baru sebanyak  17 Puskesmas. Salah satunya Puskesmas Huta Padang yang dibangun baru, Puskesmas Aek Ledong direhab berat dan rehab ringan di Meranti,” ujar Dayat.

Menuurtnya, salah satunya program pembangunan yaitu tentang kesehatan, maka perehaban dan pembangunan Puskesmas baru menjadi keputusan bersama antara Pemkab Asahan dengan DPRD Asahan. Ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat di desa bisa mendapat penanganan medis di Puskesmas kecamatan masing-masing. 

“Bupati menginginkan agar penanganan penyakit ringan tidak harus berpusat ke RSU HAMS Kisaran, tapi dapat ditangani pihak Puskesmas Kecamatan yang juga ada tempat rawat inapnya,” ungkap Dayat.

Dia menambahkan, Bupati juga berpesan kepada pihak rekanan (kontraktor) yang akan mengerjakan perehaban maupun pembangunan Puskesmas baru dapat bekerja dengan baik.

"Karena yang dibangun tempat pelayanan kesehatan artinya dapat difungsikan bagi masyarakat yang sakit untuk diobati. Itu tegas dikatakan Bupati, sehingga pengawasan akan tetap dilakukan,” ujar Dayat.

Secara terpisah salah satu warga Dusun 3 Kelurahan Bunut Seberang, Kecamatan Pulau Bandring, Tumiran mengaku senang Puskesmas di kelurahannya yang telah lama ‘mati suri’ akan direhap total. Dengan nilai rehap mencapai sebesar Rp 800 juta lebih, dirinya berharap dapat berfungsi dengan baik.

“Saya bersyukur Puskesmas kami yang lama kembali dibangun. Harapannya sebagai warga sekitar dapat difungsikan dengan baik nantinya, sehingga kami dapat berobat di Puskesmas,” ujar Tumiran yang mengaku paham akan nilai bangunan yang akan dibangun di Puskesmas itu. 

Penulis: heru. Editor: aan.