HETANEWS.COM

Peringatan 1 Abad Tebingtinggi Diwarnai Ziarah ke Makam Datuk Bandar Kajum 

Makam Datuk Bandar Kajum, pendiri Kota Tebinginggi. (foto : Aguswan)

Tebingtinggi, hetanews.com - Peringatan Hari Jadi Kota Tebingtinggi 1 abad atau 100 tahun ditandai dengan ziarah ke makam Datuk Bandar Kajum bersama keluarga pendiri Tebingtinggi  di Kelurahan Tinggi Lama, Sabtu (1/7/2017).

Liputan hetanews, sekira pukul 08.15 WIB, upacara ziarah dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Fajar Rudi Manurung.

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan tampak mengikuti upacara ziarah ke makam Datuk Bandar Kajum. (foto: Aguswan)

Sementara di barisan utama tampak Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan, Wakil Wali Kota, Oki Doni Siregar, Kapolres AKBP Ciceu Cahyati, Dandim O204/DS dan Ketua DPRD.

Kadis Pendidikan(Kadisdik) Pardamean Siregar membacakan sejarah berdirinya Kota Tebingtinggi. Di antaranya, tahun 1864 Datuk Bandar Kajum bersama pengikutnya mendirikan kampung dan benteng tinggi di pinggiran Sei Padang yang akhirnya dinamakan Tebingtinggi.

Upacara ziarah ke makam pendiri Kota Tebingtinggi. (foto: Aguswan)

Acara dilanjutkan dengan doa dan dirangkai ziarah ke makam pendiri Kota Tebingtinggi, serta pemberian tali asih.

Wali Kota Umar Zunaidi saat diwawancarai hetanews, mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT dan berterimakasih pada pendiri Kota Tebingtinggi. Umat juga nengajak seluruh komponen masyarakat untuk membangun Tebingtinggi.

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan bersama FKPD usai ziarah ke makam Datuk Bandar Kajum. (foto: Aguswan)

"Caranya dengan peningkatan ekonomi, menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) para pemuda yang berkualitas dalam menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), serta membuka kerjasama dengan Pelindo Kuala Tanjung, sehingga Tebingtinggi terus maju ke depannya," sebut Umar.

Penulis: aguswan. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!