HETANEWS

Di Simalungun ada Batang dan Daun Padi Berwarna Ungu Tua

Tanaman padi Nagori Nagojor, Kecamatan Jawamaraja Bahjambi yang daun dan batangnya berwarna hijau tua. (foto : Zai)

Simalungun, hetanews.com - Di Kabupaten Simalungun, persisnya di Nagori Nagojor, Kecamatan Jawamaraja Bahjambi ada batang dan daun padi berwarna ungu tua dibudidayakan petani.

Sebagian masyarakat yang melintas lokasi itu, Senin (26/6/2017) banyak yang merasa asing atau belum mengenal jenis atau varietas padi tersebut.

Tak jarang masyarakat sekitar yang dimintai keterangan menduga bahwa perubahan warna tanaman padi itu terjadi karena terjangkit hama.

Terkait hal ini, salah seorang pembudidaya varietas padi di Simalungun, E Sinaga menerangkan, bahwa jenis padi itu merupakan varietas padi Jepang.

Tanaman padi yang berwarna ungu tua. (foto: Zai)

Menurutnya, padi Jepang atau Black Madras itu memiliki banyak keunggulan dibanding varietas padi biasa yang ditanam petani di Indonesia pada umumnya.

"Padi Jepang berdasarkan hasil penelitian, kandungan kadar gula dan kadar kadar lainnya sangat rendah. Dan sangat baik untuk di konsumsi oleh mereka yang punya penyakit kelebihan gula atau diabetes," terangnya.

"Jadi wajar jika warga yang anda tanyai tidak mengetahui bahwa padi tersebut merupakan varietas Jepang. Sehingga sebahagiaanya menduga perubahan warna padi tersebut karena terserang hama wereng," imbuhnya mengakhiri. 

Penulis: zai. Editor: aan.