Asahan, hetanews.com - Pelaku pembobol toko terpaksa diberi hadiah timah panas saat diamankan Unit Jatanras Satuan Reskrim Polres Asahan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kota Tebingtinggi. 

Pelaku bernama Dayan Royan (38) warga Jalan Juanda, Kecamatan Kisaran Timur ini diketahui telah melakukan aksi kejahatannya dengan mencuri barang di toko, Jalan Bakti pada tanggal 11 Mei 2017 lalu. Menerima laporan itu tim melakukan penyelidikan.

Mendapat informasi keberadan Dayan yang juga sudah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) dengan aksi kejahatan pencurian sarang burung walet itu, akhirnya Unit Jatanras dikomandoi Kanit Ipda Khomaini segera meluncur menuju Tebingtinggi, Kamis (22/6/2017).

Kepada hetanews, Kasat Reskrim, AKP Bayu Putra Samara melalui Kanit Jatanras Ipda Khomaini, Jumat (23/6/2017) menuturkan, pihaknya mendapat informasi keberadaan tersangka yang akan ke Tebingtinggi. Pihaknya pun  m,elakukan pengejaraan dengan membagi 2 tim. Satu tim menggunakan sepeda motor, sedangkan tim lainnya dengan mobil.

Saat itu petugas melihat tersangka turun dari mobil, langsung segera bertindak melakukan penyergapan.

"Ternyata saat aksi penyergapan, tersangka melakukan perlawanan dengan menggunakan linggis yang dibawanya. Tersangka juga coba melarikan diri,” ujar Khomaini.

Menurutnya, tersangka terpaksa kita dihadiahi timah panas ke kaki kanannya, karena melawan dan mencoba kabur. 

Saat dilakukan interograsi di Polres Asahan, Dayan mengakui pernah melakukan pencurian walet dengan laporan tertanggal 29 April 2017. Dirinya juga pernah dihukum karena melakukan pencurian walet sebanyak 3 kali dan 1 kasus narkoba.

“Tersangka kita jerat dengan pasal 363 (1) ke 4e dan 5e, ancaman hukuman 7 tahun penjara,” ungkap Khomaini.