HETANEWS

TPL Sektor Aek Nauli Bersama Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Dusun

Kegiatan gotong royong PT TPL dengan warga memperbaiki mulai dari Dusun Naga Hulambu, Panriahan sampai ke Dusun Pondok Buluh. (foto : Aldy)

Simalungun, hetanews.com - PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) Sektor Aek Nauli bersama warga Dusun Panriahan dan Naga Hulambu, Nagori Pondok Buluh, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun melakukan kegiatan gotong royong bersama memperbaiki jalan dusun.

Kegiatan yang berlangsung mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB itu mulai dari Dusun Naga Hulambu, Panriahan sampai ke Dusun Pondok Buluh sepanjang 2,5 kilometer.

Gotong royong bersama ini membagi tugas masing-masing baik dari warga dan beberapa staf perusahaan. 

Untuk kaum laki-laki lebih prioritas melansir/memasukkan batu padas ke badan jalan yang berlobang. Sedangkan untuk kaum ibu-ibu membersihkan parit jalan agar air tidak tergenang. Sementara anak-anak remaja membabat gulma di sepanjang jalan.

Kegiatan gotong royong ini langsung dipimpin Pangulu Pondok Buluh, Albiner Sinaga dibantu aparat desanya yaitu, Gamot Dusun Panriahan dan Naga Hulambu.

Masing-masing warga membawa peralatannya berupa cangkul, parang, mesin babat. Sementara dari pihak perusahaan membawa peralatan berupa mesin babat.

Untuk material bantuan, Maneger Estate Aek Nauli melalui Humas Estate PT TPL, Pius Butar Butar memberikan bantuan berupa material batu sebanyak 2 dump truk (12 m3) untuk perbaikan jalan yang berlobang. Sementara biaya makan siang para peserta gotong royong juga disediakan perusahaan.

Kegiatan lanjutkan dengan acara ramah tamah dengan Pangulu Pondok Buluh dan Camat Dolok Panribuan, Boas Manik.

Menurut Albiner Sinaga, kegiatan ini merupakan tindak lanjut kepedulian  perusahaan TPL  terhadap warga Pondok Buluh. Di mana di tahun 2016 pihak perusahaan sudah melakukan perbaikan jalan Dusun Naga Hulambu dan Panriahan, dengan menurunkan alat berat berupa motor greeder maupun bomag pengeras jalan.

Baik Albiner Sinaga dan Boasa Manik berharap kepada perusahaan agar memperhatikan  jalan Dusun Panriahan dan Naga Hulambu. Menurut keduanya, jalan dusun itu sudah masuk dalam kategori jalan Kabupaten Simalungun.

"Sebelum adanya perbaikan jalan dusun ini dari Pemkab Simalungun, kami melalui masyarakat mengharapkan bantuan perbaikan. Karena masyarakat membutuhkan infrastruktur jalan itu. Karena warga terganggu untuk mengangkut hasil pertanian dari dusun ke pasar," sebut Albiner.

Boas Manik juga menyampaikan kepada perusahaan, agar memprioritaskan masyarakat di sekitar konsesi perusahaan tetap diperhatikan, baik dalam program bantuan CSR  perusahaan agar masyarakat tetap mendukung perusahaan.  

"Kami mengucapkan banyak terima kasih terhadap perusahaan atas responnya terhadap masyarakat sekitar," sebut Boas.

Sementara Mulia Nauli selaku Direktur  PT TPL menuturkan. gotong royong ini membuktikan bahwa adanya kesadaran dan kepedulian bersama antara warga dan pihak perusahaan dalam memperbaiki infrastruktur desa dari berbagai persoalan maupun kondisi yang dihadapi saat ini.

Tak terkecuali dengan kondisi atau keadaan jalan di desa itu masih berupa tanah liat yang memiliki konsekuensinya saat cuaca yang tidak bersahabat seperti hujan dengan intensitas tinggi. Ini mengakibatkan jalan akan berlumpur dan licin dibutuhkan tindakan perkerasan jalan dengan berbagai cara yang tepat.

Menurut Mulia, gotong royong ini juga bermanfaat untuk memupuk rasa kebersamaan antara warga, karyawan dan perusahaan di lingkungan Dusun Naga Hulambu, Panriahan sampai ke Dusun Pondok Buluh.

Ini juga menciptakan suasana kekeluargaan melalui kegiatan yang bermanfaat bagi semua pihak, tidak hanya bagi masyarakat, namun juga bagi perusahaan yang setiap harinya juga menggunakan akses jalan tersebut untuk operasional kegiatan.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan gotong royong itu akan melahirkan kerja sama lainnya yang bermanfaat dan dapat dilakukan seterusnya secara rutin guna kepentingan bersama untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang berkelanjutan," ucapnya.

Penulis: aldy. Editor: aan.