HETANEWS

Dengan Semangat Baru, Ciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama di Simalungun

Wakil Bupati Amran Sinaga dan Gubsu Tengku Erry Nuradi melaksanakan buka puasa bersama.

Simalungun, hetanews.com - Kabupaten Simalungun merupakan daerah yang multi etnis namun tetap rukun, keharmonisan antar umat beragama sangat tinggi.  Hal ini sebagai kekayaan sekaligus kekuatan Kabupaten Simalungun dalam melaksanakan pembangunan yang mantab.

Di bawah kepemimpinan JR Saragih sebagai Bupati Simalungun melalui kinerja samangat baru, terus berupaya meningkatkan pembangunan di semua bidang. Ini termasuk bidang keagamaan, sehingga tercipta toleransi antara umat beragama yang harmonis di Kabupaten Simalungun yang diikat dengan budaya.

“Walaupun perbedaan agama, suku maupun golongan, namun keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Simalungun cukup tinggi dan mantab. Kebhinekaan sangat dijunjung tinggi dalam menciptakan toleransi umat beragama di Kabupaten Simalungun,” kata Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga saat menghadiri pelaksanaan buka puasa bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi dengan masyarakat dan karyawan PTPN 4 di Kabupaten Simalungun, bertempat di halaman mesjid Baitul Karim Kebun Dolok Ilir Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Sabtu (10/6/2017).

Amran mengatakan, di bulan Ramadhan tahun 1438 H/2017 M ini, Bupati JR Saragih membentuk Tim Safari Ramadhan sebanyak 20 tim yang mengunjungi 200 mesjid.

“Jadi di bulan Ramadhan tahun ini Pemkab Simalungun melakukan Safari Ramadhan untuk mengunjungi 200 mesjid dan memberikan bantuan untuk kesejahteraan mesjid sebesar Rp 5 juta setiap mesjid yang dikunjungi,” beber Wakil Bupati.

Selain melakukan Safari Ramadhan, Pemkab Simalungun juga melaksanakan buka puasa bersama dengan masyarakat di 7 titik. Hal ini bertujuan untuk menjalin silahturrahmi pemerintah dengan masyarakat untuk menyampaikan program pembangunan yang akan dilaksanakan maupun yang belum terlaksana, sehingga terjadi kordinasi dan komunikasi dua arah.

“Meskipun Bupati Simalungun bapak JR Saragih non muslim, tapi kepeduliannya terhadap umat Islam di Kabupaten Simalungun cukup tinggi. Karenannya kami sangat mengapresiasi pak JR Saragih atas kepeduliannya terhadap umat Islam,” ujar Amran.

Dia juga mengatakan, dalam melaksanakan program pembangunan, Pemkab Simalungun juga telah mengucurkan dana yang cukup besar untuk pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, pendidikan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan meningkatkan pelayanan Puskesmas menjadi rawat inap.

“Untuk BPJS Kesehatan Pemkab Simalungun mengalokasikan dana sebesar Rp 43 milyar yang ditampung dalam APBD Kabupaten Simalungun,” ujarnya.

Terkait dengan infrastruktur jalan, Amran memohon kepada Gubsu melakukan perbaikan jalan yang menjadi kewenangan provinsi, terutama jalan dari Siantar menuju Kota Pamatang Raya yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. “Karena jalan ini kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), maka kami mohon untuk diperbaiki,” kata Amran mengakhiri.

Gubsu dalam sambutannya mengatakan, bahwa Safari Ramadhan dilaksanakan dalam rangka mengunjungi kabupaten-kabupaten untuk tingkat provinsi, di tingkat kabupaten/kota mengunjungi kecamatan dan tingkat kecamatan mengunjungi desa-desa.

Untuk infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan Pemprovsu, Gubsu menyampaikan, ada 170 Km jalan provinsi di 7 ruas jalan di Kabupaten Simalungun menjadi tanggungjawab provinsi dan pada tahun 2017 ini akan dilakukan perbaikan di 5 ruas jalan. "Meskipun masih kurang, namun Pemprovsu akan melanjutkan terus perbaikan jalan ini,"ujar Gubsu. 

Dalam buka puasa bersama tersebut, dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya penaburan bibit ikan di Sungai Bah Bolon, pemberian bantuan kepada nazir mesjid dan tali asih untuk anak yatim, serta bingkisan pada tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Penulis: jer. Editor: aan.