HETANEWS

Inspektorat Asahan Periksa 21 SD dan 4 SMP Negeri

Kegiatan yang dilaksanakan Inspektorat dalam pembinaan kepala sekolah terkait penyusunan SPJ penggunaan dana BOS. (foto : Heru)

Asahan, hetanews.com -Inspektorat Kabupaten Asahan lakukan pemeriksaan terhadap 21 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 4 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang berada di Kecamatan Simpang Empat.

Kegiatan pemeriksaan dilaksanakan Inspektorat di SDN 010028 Simpang Empat, Jumat (9/6/2017). Pemeriksaan dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 8-10 Juni 2017.

Salah satu tim Inspektorat Kabupaten Asahan, Edy Kusuma, Sabtu (10/6/2017)  menuturkan, pelaksanaan pemeriksaan berlangsung setiap 1 semester.

Ada pun tujuannya untuk pembinaan Kepala Sekolah (Kepsek) dalam menyusun Surat Pertanggung Jawab (SPJ) penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Kita bertugas melakukan pemeriksaan, juga memberikan pembinaan untuk penyusunan SPJ pengunaan dana BOS, sehingga Kepsek tidak salah jalan dan tak berbenturan dengan hukum," ujarnya.

Edy menyebutkan, pemeriksaan ini akan digelar di setiap Kecamatan di Asahan, dengan fokus sekolah negeri baik tingkat SD hingga SMP.

"Kita melaksanakan kegiatan ini di setiap Kecamatan. Kehadiran kita bukan untuk memvonis Kepsek dalam penyaluran dana BOS, namun berbentuk sosialisasi dan himbauan dalam penyajian laporan SPJ," ujarnya.

Sementara itu Kepsek SMP Negeri 1 Simpang Empat menyebutkan, yang dilakukan tim Inspektorat Asahan merupakan kegiatan sangat berarti.

Di mana agar dalam penyusunan SPJ tidak terjadi kekeliruan sehingga pendistribusian dana BOS di setiap sekolah baik tingkat SD maupun SMP dapat dipertanggung jawabkan dengan benar, sehingga tak salah sasaran.

Penulis: heru. Editor: abn.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.