HETANEWS

Kini, Layanan di Puskesmas Lumban Lobu Semakin Baik

Salah satu layanan di Puskesmas Lumban Lobu akhir akhir ini adalah layanan deteksi kanker payudara sedini mungkin yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. (foto : Sitorus mel)

Tobasa, hetanews.com - Masyarakat menilai pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas Lumban Lobu, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa)  sudah semakin baik.

"Secara umum pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas sudah cukup baik," kata salah seorang masyarakat marga Sitompul ditemui di Puskesmas setempat, Jumat (9/6/2017).

Ia menyebutkan, salah satu Puskesmas yang sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan kesehatan adalah Puskesmas Lumban Lobu yang setiap harinya rata-rata melayani hingga 30 orang warga untuk datang berobat.

"Selain dokter Margaret Sirait, juga ada dokter Tumpak Butarbutar yang secara teratur dan disiplin berada di Puskesmas, sehingga pelayanan medis sudah cukup tersedia," katanya.

Bahkan Puskesmas Lumban Lobu sangat proaktif dalam memberdayakan para bidannya melayani masyarakat hingga ke tingkat dusun, dalam pelayanan kesehatan dan kegiatan penyuluhan.

Puskesmas Lumban Lobu ini perlu mendapat lirikan pembenahan dan pembekalan dari tingkat kabupaten maupun provinsi demi menunjang peningkatan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Pusekesmas Lumban Lobu bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan klinik Prodia memberiu layanan deteksi kanker sejak dini. (foto: Sitorus mel)

Meski pelayanan medis yang diberikan sudah cukup bagus, namun menurut para masyarakat Bonatua menilai kendala yang dihadapi Puskesmas Lumban Lobu adalah fasilitas atau peralatan kesehatan masih terdapat kekurangan.

"Karena itu kita minta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengusulkan penambahan alat-alat kesehatan puskesmas agar pelayanan yang diberikan semakin baik," katanya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Lumban Lobu S'Harianja dan Camat Bonatua Lunasi, Hulman Sitorus mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, dinas terkait hendaknya lebih proaktif memperhatikan Puskesmas Lumban Lobu terkait pengusulan dan pembenahan bantuan tenaga medis dan alkes (alat kesehatan) ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kemudian, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar masyarakat, kita juga akan bersinergi dengan Kepala Puskesmas Lumban Lobu, Margareth Sirait agar kebersamaan dalam menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas dan bersih tercapai," ujarnya.

Penulis: sitorus mel. Editor: abn.