HETANEWS

Dua Pekan Jelang Lebaran, Pedagang Gunakan Bahu Jalan Cari Rezeki 

Pedagang berjualan di sepanjang Jalan Diponegoro, Kota Kisaran. (foto : Heru)

Asahan, hetanews.com - Lebaran Idhul Fitri 1438 H masih 2 pekan lagi, namun jalan inti Kota Kisaran, Kabupaten Asahan mulai dipadati  pedagang yang menggelar dagangannya.

Ini mulai dari pakaian hingga pernak pernik membuat warga memadati badan jalan untuk menghampiri para pedagang yang berdagang di badan jalan, sehingga pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas. 

Hendrik (36) warga Kisaran yang membuka lapak dagangan baju lebaran di pinggir Jalan Diponegoro, Kisaran kepada hetanews, Jumat (9/6/2017) mengaku bersama beberapa pedagang berdagang pakaian untuk menyambut Lebaran.

“Kesempatan ini kami ambil mengingat saat-saat seperti itu bisa meraup keuntungan yang memang lumayan lah,” sebutnya seraya mengaku 1 malam mampu menjual 50 potong baju dan celana.

Hendrik menyadari, bahwa berdagang di badan jalan menyalahi dan mengganggu arus lalu lintas. Namun hal itu harus dilakukannya hanya untuk mencari rejeki.

“Saat seperti ini lah kami bisa mengambil rezeki lebih, sehingga bisa menikmati Lebaran dari keuntungan berdagang untuk menghampiri sanak saudara nanti di Hari Fitri itu,” ujar Hendrik. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Isa Harahap ketika dikonfirmasi melalui selulernya, mengaku pusing menghadapi pedagang yang berjualan di bahu jalan tersebut, sehingga jalan raya semakin sempit.

Menurutnya, setiap hari dibersihkan, namun setelah anggota Satpol PP berlalu muncul kembali pedagang tersebut menggelar dagangannya di pinggir jalan. 

“Kita sudah bolak-balik menghimbau. Sementara untuk diambil tindakkan tegas mereka (pedagang) berontak dengan mengatakan setahun sekali untuk mencari rezeki lebih. Namun ini tetap menyalahi aturan, di mana sudah menggangu penguna jalan serta membahayakan pembeli dan pedagang  itu sendiri. Bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Penulis: heru. Editor: aan.