HETANEWS

IPW Desak Kapolres Tindak Bazar Berunsurkan Judi di GOR Siantar

Ketua Presidum Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane.

Siantar, hetanews.com - Pelaksanaan bazar yang terletak di pelataran Gedung Olahraga (GOR) di Jalan Merdeka, Kelurahan Prdomuan, Kecamatan Siantar Timur, kembali mendapatkan kecaman keras.

Kali ini datangnya dari Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane.

Pasalnya, bazar dengan bertemakan 'Ramadhan' yang telah berdiri dari 27 Mei 2017  hingga sekarang diduga terdapat unsur judinya.

Untuk itu Neta S Pane saat dikonfirmasi, mengecam keras adanya perjudian di bazar dan meminta agar Polres Siantar untuk segera membubarkan kegiatan tersebut. 

"Kalau ada perjudian di bazar itu sudah pasti melanggar KUHP pasal 303, dan petugas Kepolisian harus segera membubarkan tempat itu (bazar) serta menangkap pengelolanya itu," tegas Neta S Pane kepada hetanews via WhatsUp (WA), Jumat (9/6/2017).

Namun saat awak media ini mengatakan kalau hingga kini belum juga ada tindakan tegas dari Kepolisian terhadap bazar yang di dalamnya terdapat permainan diduga kuat berunsurkan judi, Neta mengatakan yang utamanya harus ditindak adalah stand permainan berunsurkan judi.

"Yang harus ditindak stand perjudian, bahkan pengelola stand dan pengelola bazar harus juga harus diperiksa polisi. Kenapa di bazar itu ada perjudian? Jika polisi tidak menindak perjudian di dalam bazar itu, ini yang patut dipertanyakan. Ada apa dengan polisi?," pungkas Neta.

Bahkan Neta menegaskan, bahwa semua bentuk perjudian dilarang di wilayah indonesia karena itu sudah melanggar undang-undang KUHP pasal 303 tentang perjudian. Sebab itu jika ada kegiatan perjudian di wilayah tugasnya sudah menjadi tanggung jawab Kapolres untuk menindaknya, termasuk wilayah hukum Polres Siantar.

"Jika perjudian itu dibiarkan, kinerja Kapolres patut dipertanyakan. Apakah Kapolres tidak tau atau pura-pura tidak tau? Kalau tidak tau tentu sangat aneh. Untuk itu IPW berharap Kapolres segera bertindak tegas untuk menutup perjudian termasuk yang sekarang berada di bazar," tutup Neta.

Penulis: res. Editor: abn.