Samosir, hetanews.com, Bagi masyarakat yang akan berkunjung pada setiap event Horas Samosir Fiesta (HSF) 2017 akan mendapatkan pelayanan gratis untuk mendeteksi penyakil gula (diabetes) dan penyakit darah tinggi (hipertensi) secara gratis.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Samosir membuka Klinik HSF dalam setiap event. Dan diharapkan para pengunjung, terutama masyarakat Samosir mendapatkan informasi ini, agar pemetaan duduknya penyakit tersebut dapat diantisipasi pencegahannya.

"Sasaran kita kedepan, melalui Klinik HSF, kita dari dinas kesehatan dapat mendeteksi dan pemetaan duduknya penyakit gula dan darah tinggi, sehingga tingkat struk masyarakat dapat diantisipasi dan pencegahannya," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Nimpan Karo Karo di ruang kerjanya kepada hetanews, Selasa (6/6/2017).

Diterangkannya, proyek ini mengingat adanya kasus gagal ginjal yang semakin meningkat. Padahal, penyebanya adalah penyakit gula dan darah tinggi yang tidak terdeteksi.

"Ginjal tidak berfungsi sama sekali, karena hipertensi dan diabetes yang tidak terkendali. Maka melalui program ini mengajak masyarakat supaya mereka sadar bahwa memeriksaan diri sebelum sakit itu lebih baik," lanjut Nimpan.

Jadi, bagi anda yang berusia 30 tahun, datang pada event HSF 2017 untuk mendeteksi penyakit gula dan darah tinggi Anda. (Abidan Simbolon)