HETANEWS

Kinerja Mahadi Sitanggang Disoroti, Harusnya Berpihak pada Pemko Siantar

Sekretaris DPRD Kota Siantar, Mahadin Sitanggang. (foto : Ndo)

Siantar, hetanews.com-Kinerja Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Siantar, Mahadin Sitanggang menuai sorotan tajam, karena dinilai selama ini lebih condong ‘membela’ legislatif dari pada kepentingan eksekutif.

Ini diungkapkan pengamat pemerintahan Rocky Marbun, Senin (5/6/2017). Menurutnya, Mahadin Sitanggang dinilai memiliki keberpihakan saat terjadinya ‘kekisruhan’ antara Pemko dengan DPRD Siantar. Maupun di internal DPRD Kota Siantar, sepertinya Mahadin memiliki keberpihakan ketika terjadi kekisruhan tersebut.

Hal itu diungkapkan Rocky ketika terjadi perbedaan pendapat antara DPRD Siantar dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Jumsadi Damanik. Saat itu DPRD menggelar rapat dengan merekomendasikan agar Pj Wali Kota diganti dan Sekwan justru memfasilatasi rapat dewan tersebut.

“Sekwan itu duduk di sana adalah perpanjangan tangan dari Pemko Siantar dan atas petunjuk dari Wali Kota. Jadi apapun yang terjadi di DPRD itu, Sekwan harus berpihak kepada Pemko Siantar,” sebutnya.

Mengenai kekisruhan di sidang paripurna DPRD beberapa waktu lalu, Rocky menyebutkan, bahwa Sekwan tidak boleh memperkeruh suasana dengan berpihak dengan salah satu kubu. Sebab menurut Rocky, Sekwan memiliki tugas hanya sebagai fasilitator setiap anggota DPRD akan melaksanakan rapat.

“Sekwan itu tidak boleh berpihak kepada kubu manapun, karena dia bukan sebagai anggota politik. Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh ikut berpolitik,” ucapnya.

Rocky menilai, Mahadin belum menunjukkan keberpihakannya dengan Pemko Siantar. Menurutnya,  Mahadin lebih tunduk kepada DPRD Siantar.

“Sekwan itu harusnya lebih tunduk kepada atasannya dan itu bukan DPRD, melainkan Wali Kota. Kita harapkan Sekwan mengerti akan hal itu,” sebut Rocky mengakhiri.

Penulis: tom. Editor: aan.