Asahan, hetanews.com - Sentra kerajinan di Desa Bunut Seberang, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan kembali menggeliat, setelah jalan sepanjang kurang lebih 4 km yang berhubungan langsung dengan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) telah diperbaiki menjadi hotmix.

Kepala Desa (Kades) Bunut Seberang, Ruslin kepada awak media, Minggu (4/6/2017) menuturkan, warga yang menjadi perajin pot bunga dan pelaku usaha home industri lainya saat ini sudah kembali bernafas lega. Pasalnya, jalan yang menjadi penghubung dari desa menuju Jalinsum kondisinya sudah ditingkatkan menjadi hotmix.

“Kondisi jalan yang cukup memprihatikan membuat warga kesulitan untuk memasarkan hasil kerajinannya. Masyarakat sekitar juga merasa enggan untuk datang ke desa ini sebelum jalan diperbaiki,” ungkapnya sembari mengatakan berkat usulan pihaknya kondisi jalan saat ini sudah bagus.

Ruslin menyampaikan, atas nama warga Desa Bunut Seberang, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang sudah melaksanakan pemerataan pembangunan di desa yang mayoritas penduduknya memiliki pusat kerajinan tangan.

“Dengan ditingkatkannya jalan di massa kepemimpinan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang yang kedua kalinya, akhirnya apa yang kami harapkan telah tercapai,” pungkas Ruslin.

Hal senada juga disampaikan Yanto salah seorang pengrajin gerabah Desa Bunut Seberang. Menurutnya, warga sudah lama menunggu perbaikan jalan. Dan di tahun 2016 lalu terlaksana perbaikan jalan tersebut.

“Dengan kondisi saat ini sangat mempengaruhi memasarkan hasil kerajinan. Di mana mengurangi biaya transportasi yang sebelumnya lebih tinggi dibanding saat ini. Ditambah masyarakat dari luar juga semakin mudah untuk datang ke desa kami yang sebelumnya enggan dengan alasan jalan rusak,” ujar Yanto.