HETANEWS

SMAN 2 Kisaran Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Kepsek SMAN 2 Kisaran, Syaruddin Lubis saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila. (foto : Heru)

Asahan, hetanews.com - Suasana bulan Ramadhan dalam menjalankan ibadah puasa, siswa dan guru-guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kisaran melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Lahirnya Pancasila.

Upacara yang digelar di lapangan sekolah SMAM 2 tetap berlangsung hikmat, Kamis (1/6/2017) sekira pukul 07.30 WIB dan langsung dipimpin Kepala Sekolah (Kepsek) Syaruddin Lubis.

Menurut Syaruddin, Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni merupakan sejarah besar bangsa Indonesia dan sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Ini juga menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Nomor B-437/M Sesneg/Set/TU.00.04/05/2017 tentang penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2017.

"Mengacu dari Keppres RI dan Surat Edaran Mensesneg, maka kita melaksanakan Upacara ini untuk menanamkan nilai luhur Pacasila kepada generasi muda bangsa. Selain dapat mengemplementasikan diri sendiri, keluarga, masyarakat khususnya negara Republik Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Muhammad Azrin, siswa kelas X SMAN 2 Kisaran kepada awak media usai  upacara menuturkan, bahwa saat ini generasi muda sudah mulai melupakan sejarah bangsa termasuk Hari Lahirnya Pancasila.

Azrin menilai, pelaksanaan upacara ini  perlu dan berguna untuk memaknai apa arti lahirnya Pancasila dan menghayati setiap butir isi nya.

"Peringatan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pahlawan-pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan bangsa ini dari penjajah. Kita sebagai penerus perlu menjaga persatuan dan menjunjung tinggi Pancasila itu," ujar Azrin.
 

Penulis: heru. Editor: aan.