Simalungun, hetanews.com - Guna menunjang kinerja seluruh personil dalam melaksanakan pelayanan pada masyarakat yang berbasis Teknologi Informasi (TI), Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan memberi ide dan gagasan inovatif dengan mengadakan sarana dan prasarana berupa 17 set komputer di lingkungan jajaran Polres setempat.

Perlu diketahui bahwa TI adalah sarana atau prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan dan penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian dan penggunaan data yang bermakna.

TI juga dapat dikatakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis dan pemerintahan serta merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Berbagai kejahatan juga terfasilitasi oleh teknologi telah berkembang pesat dan beragam.

Oleh sebab itu, Kapolres Simalungun secara bertahap mengajak seluruh personilnya untuk berbenah dan menata ulang sistem pelayanannya agar mampu menjawab tuntutan zaman. Sehingga nantinya kinerja Kepolisian dapat cepat dan mudah dalam memberikan pelayanan publik yang prima.

Guna mewujudkan hal tersebut, Kapolres Simalungun melakukan pengadaan 17 set komputer yang akan diserahkan ke 17 Polsek jajaran Polres Simalungun.

Sabtu (27/5/2017), bertempat di ruang PDDO Polres Simalungun, secara simbolis diserahkan 1 set komputer kepada perwakilan Kapolsek, yakni Kapolsek Balata AKP B Pakpahan yang diserahkan Kasubbag Sarpras Polres Simalungun AKP ZN Siregar.

17 set komputer yang akan dibagikan ke seluruh Polsek Jajaran Polres Simalungun. (foto : Zai)

Turut hadir dalam penyerahannya, Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Kapolsek Dolok Panribuan AKP Gandhi Hutagaol, Kapolsek Panei Tongah AKP N Panjaitan, Kasi Keu Polres Simalungun Bripka Andi Harianto dan Kasi Tipol Polres Simalungun Aiptu Gino Ginting.

Perlu diketahui, bahwa 1 set komputer tersebut memiliki spesifikasi terbaru yakni sytem windows 10-office 2013 original Samsung dan dilengkapi USB link printer jarak jauh. Printer ber merk HP tersebut dapat juga digunakan sebagai fax dan foto copy.

Dengan pengadaan device smart tersebut, haruslah didukung dengan teknologi lain seperti halnya jaringan internet. Fimana fasilitas jaringan internet sebelumnya sudah terlebih dahulu dilengkapi di seluruh Polsek jajaran Polres Simalungun dengan speed 20 mbps menggunakan jaringan optic yang selama ini belum ada di lingkungan Polres Simalungun.

Diharapkan nantinya seluruh personil Polres Simalungun dapat mengoperasionalkannya dengan metode learning by doing (belajar sambil bekerja).

Dari 17 Polsek yang sudah dilengkapi jaringan internet, ada 2 Polsek yang masih terisolir jaringan internet. Namun untuk penanganannya, akan diajukan kembali ke pihak Telkom.

Pengadaan sarana dan prasarana berupa 17 set komputer ini bersumber dari DIPA Polres Simalungun nomor 0600126400040448/ 2017 dengan biaya sebesar Rp 187 juta.