Tebingtinggi, hetanews.com - Ratusan warga dari organisasi, LSM, OKP dan nahasiswa menghadiri sosialisasi dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang digelar oleh Kesbangpol Kota Tebingtinggi, Selasa (16/5/2017) bertempat di Gedung Syawiyah, Jalan Sutomo, dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota, OK Zulkarnain.

Pj Wali Kota mengatakan agar masyarakat semakin memaknai Kebangkitan Nasional dan perlu menjaga 4 pilar.

"Dampak flobalisasi bagi Bangsa Indonesia bisa sangat besar bila tidak dibentengi dengan baik. Bahkan, memungkinkan bangsa Indonesia terpengaruh Ideologi lain yang menjanjikan kemakmuran," ujarnya.

Oleh sebab itu, sikap harus tegas apalagi untuk kepentingan generasi muda Bangsa Indonesia. Karena dampak globalisasi ada positif dan negatif.

Sementara itu, penceramah lainnya, Dandim 0204/DS diwakili Komandan Koramil 13, Kapten Inf PM Simanjuntak mengatakan, pengaruh globalisasi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat besar.

Untuk itu, pinta Simanjuntak pula, perlu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat. Buat aturan yang mampu menangkal masuknya pengaruh negatif, mencegah masuknya barang ilegal, memperketat masuknya orang asing, mendorong tumbuhnya dunia usaha dan berusaha menarik Investor asing.

Pj Walik Kota Tebingtinggi, OK Zulkarnain saat membuka sosialisasi. (foto : Ver)

“Oleh sebab itu pula, kita mengembangkan nilai luhur bangsa Indonesia, mendalami dan mengamalkan Pancasila, mengembangkan potensi diri, menolak pengaruh negatif, meningkatkan persatuan dan menataati peraturan dengan baik," bebernya.

Sedangkan, Ketua DPRD Kota Tebingtinggi diwakili Muliadi mengatakan, makna Kebangkitan Nasional dalam upaya pembangunan sumber daya manusia dalam era globalisasi.

Dimana, Indonesia saat ini menghadapi tantangan baru dalam memasuki era globalisasi, sebab permasalahan internal juga datang silih berganti. Ini disertai isu kritis juga sering muncul maka adanya keinginan untuk melakukan perbaikan di segala bidang termasuk di bidang pendidikan.

“Karena pendidikan merupakan salah satu komponen sistem pembangunan yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas," ujar Muliadi anggota dewan dari Partai PKB.

Tampak hadir dalam acara itu, Kaban Kesbangpolinmas Amas Muda, Saat Nasution selaku Sekretaris, pengurus Bamagnas, GM FKPPI, Agus Purba Ketua FKPPI dan puluhan LSM lainnya.