HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

60 Narapidana Rutan Tanjung Gusta Dipindahkan

Medan, hetanews.com - Pemindahan para narapidana (napi) dari Rutan Tanjung Gusta kembali dilakukan.

Kali ini, sebanyak 60 orang napi dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II-A Pematangsiantar pada Selasa (16/5/2017) dini hari tadi.

"Ada 60 orang napi yang kita pindahkan ke Lapas Siantar. Napi yang dipindahkan memiliki hukum beragam dari 1-5 tahun," kata Kepala Pengamanan Rutan Kelas I-Tanjung Gusta, Nimrot Sihotang.

Pemindahan dilakukan guna mengantisipasi semakin membludaknya jumlah penghuni Rutan Tanjung Gusta. Hal ini dilakukan untuk mengurangi over kapasitas yang dikhawatirkan dapat memicu hal tidak diinginkan.

Selain itu, katanya, jumlah tahanan diperkirakan akan bertambah menjelang Ramadhan dan Lebaran. Penyidik Jepolisian diperkirakan akan lebih banyak menitipkan tahanannya di Rutan Tanjung Gusta.

Pemindahan napi dari Rutan Tanjung Gusta akan terus dilakukan. Bahkan, ada 200 orang yang masuk daftar tunggu untuk dipindahkan.

"Pemindahannya sudah kita ajukan ke Kanwil (Kemenkumham). Kita harap kepala UPT (Rutan dan Lapas) lain mau menampung narapidana dari Medan. Tingkat kriminalitas di Medan sangat tinggi dan membuat jumlah napi bertambah sangat signifikan," pungkasnya.

Penulis: ardiansyah. Editor: abn.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.