HETANEWS

Meski Over Kapasitas, Narapidana Lapas Tebingtinggi terus Bertambah

Gambar KPLP Leonard Silalahi. (foto : Ver)

Tebingtinggi, hetanews.com - Meski telah over kapasitas, bukan jaminan Lembaga Pemasyarakatan Kota Tebingtinggi tidak dikirimi narapidana dari daerah lain.

Buktinya, meski narapidana dan tahanan di Lapas jalan Pusara Pejuang, Kelurahan Rambung, Kota Tebingtinggi sudah berjumlah 1291 orang dari daya tampung yang hanya 451, kemarin Jumat (12/5) pihak Lapas Medan mengirimkan 30 narapidana untuk dibina.

Bahkan, selain sudah sesak dengan lokasi Lapas yang sangat sempit, pihak Lapas Medan juga mengirimi 2 narapidana wanita agar diberikan pembinaan. Padahal, sebelumnya sudah ada 36 wanita di dalamnya yang tersangkut berbagai jenis hukum.

Kalapas Tebingtinggi, Alex melalui KPLP, Leonard Silalahi, Senin (15/4) membenarkan bahwa Lapas Tebingtinggi sudah over kapasitas. Dimana, dari daya tampung yang hanya 451 orang, kini harus dihuni 1291 orang, baik narapidana maupun tahanan.

Untuk kasus narkoba masih peringkat pertama dengan narapidana dan tahanan berjumlah 892 orang. Dimana narapidana laki laki berjumlah 689 dan narapidana perempuan 15 orang. Sedangkan tahanan laki-laki 81 orang, perempuan 7 orang.

Lokasi Lapas Tebingtinggi di Jalan Pusara Pejuang. (foto: Ver)

Selanjutnya, ujar Silalahi didampingi Rosanna Sembiring mengatakan, untuk kasus Umum narapidana pria berjumlah 198 orang, perempuan 8 orang. Sedangkan untuk tahanan pria 270 orang, perempuan 6 orang dengan total 482 orang terkait kasus umum. Sementara, kasus korupsi pihak Lapas menerima 3 orang dari pihak Kejaksaan Negeri Tebingtinggi.

"Terkait bahwa pihak Lapas Tebingtinggi memberikan sejumlah keterampilan buat narapidana dan tahanan, Rosanna membenarkannya. Bahkan, pihaknya juga memberikan pembelajaran paket B dan C agar setelah keluar dari lapas para narapidana diterima di tengah-tengah masyarakat dengan keterampilan yang ada dan juga dibekali pembinaan keagamaan." ucapnya.

Penulis: ver. Editor: abn.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.