Labuhanbatu, hetanews.com - Pemkab Labuhanbatu menggelar Operasi Katarak Gratis yang dipusatkan di Puskesmas Negerilama Kecamatan Bilah Hilir pada 11-13 Mei 2017.

"Ini merupakan tugas pemerintah untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat Labuhanbatu," kata Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap saat pembukaan kegiatan, Kamis(11/5/2017).

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Labuhanbatu, Hasnul Siregar mengatakan, pihaknya menargetkan 150 mata dioperasi.

Pada pasien yang dioperasi akan ditanamkan Intra Okuler Lens (IOL) atau lensa tanam dan mendapat obat-obatan mata, serta dipantau sebanyak 3 kali pasca operasi.

Tim medis pada kegiatan itu, kata dia, berasal dari Yayasan Mataniari Provinsi Sumut.

Pelaksanaan Operasi Katarak Gratis yang dilaksanakan Pemkab Labuhanbatu. (foto: BS)

"Penjaringan pasien dilaksanakan oleh masing-masing puskesmas sejak Februari hingga April 2017," kata Hasnul.

Kriteria pasien yang dioperasi adalah penderita katarak yang telah masak (mature), tekanan darah normal dan kadar gula normal.

Informasi diperoleh, pelaksanaan Operasi Katarak itu sendiri diatur berjadwal. Untuk hari pertama Kamis (11/5/2017) pasien yang datang dari di Puskesmas Pangkatan, Puskesmas Negerilama, Puskesmas Teluk Sentosa, dan Puskesmas Berombang.

Sedangkan pelaksanaan Jumat (12/5/2017) dan Sabtu (13/5/2017) untuk pasien yang datang dari Puskesmas Sei Pegantungan, Puskesmas Labuhanbilik, Puskesmas Tanjung Haloban, Puskesmas Perbaungan, Puskesmas Gunung Selamat, Puskesmas Sigambal, Puskesmas Ligga Tiga, Puskesmas Perlayuan, Puskesmas Suka Makmur, Puskesmas Janji dan Puskesmas Kota.