HETANEWS

Warga Air Joman Minta Pemkab Asahan Selesaikan Bau Busuk Ternak

Warga sekitar saat melakukan aksi protes bau busuk dari ternak bebek. (foto : Heru)

Asahan, hetanews.com - Terkait bau busuk dari usaha ternak bebek milik pengusaha, Pemkab Asahan berjanji menyelesaikan persoalan keluhan masyarakat di Dusun IV, Desa Air Joman Baru, Kecamatan Air Joman.

"Kita akan selesaikan persolan ini, tapi berikan waktu dan kepercayaan akan persoalan ini agar terselesaikan dengan baik," kata Kepala Dinas Peternakan Asahan, M Syarief di hadapan warga dan pengusaha ternak, Rabu (10/5/2017) di Balai Desa Air Joman Baru.

Syarief yang didampingi Kakan Kesbang Buwono, Kapolsek Air Joman AKP M Harahap, Kepala Desa (Kades) Air Joman Baru Katimo, Sekcam Air Joman, meminta kepada pihak pengusaha untuk segera melakukan koordinasi dengan tim Pemkab  Asahan untuk menyelesaikan dan mencari solusi terkait bau yang ditimbulkan dari usaha ternak bebek. 

Aroma bau dari usaha ternak tersebut mengakibatkan kerumunan lalat hingga ke daerah rumah warga sekitar sehingga menggangu aktivitas masyarakat. Ditambah lagi, dengan suara musik yang kerap menyala hingga larut malam.

Tim Pemkab Asahan telah memantau langsung keberadaan usaha ternak tersebut. Mulai dari izin hingga keluhan masyarakat sekitar. "Kita cari solusinya, jangan ada yang terprovokasi, jangan ada konflik sosial," ucap Syarief.

Kedatangan Tim Pemkab Asahan ke lokasi usaha sempat disambut dengan aksi warga yang menuntut tempat ternak ditutup.

Salah seorang warga meminta agar tim secepatnya meyelesaikan persoalan ini, mengingat waktu bulan puasa sudah dekat. "Kami tidak mau terus menghirup bau busuk dari ternak itu," pintanya yang disaksikan sejumlah warga.

Penulis: heru. Editor: abn.