Siantar, hetanews.com - Terkendala soal biaya untuk kuliah Gomos Parulian Manalu (17), siswa asal Kota Siantar berprestasi yang pernah melakukan penelitian sebagai tamu kehormatan di lembaga NASA di Amerika Serikat mendapat bantuan dari Bupati Simalungun, JR Saragih.

Melalui pribadinya, JR Saragih membantu Gomos, anak sulung dari 5 bersaudara ini untuk dapat melanjutkan pendidikannya kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Simalungun, Mixnon Andreas Simamora saat menemui Gomos di kediaman Gomos, Jalan Cemara No 34, Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara, Sabtu (6/5/2017).

Baca juga: Karena Pemko Siantar Tak Peduli, Siswa Berprestasi Ini Ingin Bertemu JR Saragih

“Ini adalah keluarga saya dari marga. Karena saya Simamora Manalu. Mengetahui ini, saya langsung bergerak membantu anak yang berprestasi ini. Saya terlebih dahulu menghubungi pak JR Saragih dan beliau secara pribadi langsung mengatakan siap untuk membantu perkuliahan dari Gomos,” katanya bersama Punguan Marga Manalu.

Karena Gomos tinggal di daerah Siantar, maka JR Saragih membantunya secara pribadi. Lanjut Mixnon, itu makanya bantuan tersebut bukan dari Pemkab Simalungun. Dirinya hadir di tempat itu juga dikarenakan ia memiliki hubungan keluarga secara adat Batak dari marga.

Mixnon Simamora bersama tim sedang berbincang-bincang dengan Gomos Manalu beserta kedua orangtuanya. (foto: Hug)

“Pak JR Saragih membantu Gomos untuk kuliah mulai nanti dari pemberangkatannya (menuju Bandung) hingga selesai perkuliahannya. Ini dikarenakan, seperti kita ketahui, Pak JR Saragih selalu peduli dan langsung tanggap mengenai pendidikan. Beliau tidak ingin siswa berprestasi ini tidak bisa melanjutkan pendidikannya,” lanjut Mixnon.

JR Saragih yang saat ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Demokrat, rencananya akan datang dan ikut memberangkatkan Gomos ke Bandung pada 14 Mei mendatang.

Sementara itu, Gomos didampingi ayahnya, Zesman Manalu dan ibunya, Rosdiana boru Hutabarat mengungkapkan rasa terima kasih yang sangat besar kepada JR Saragih yang telah membantu keluarga mereka agar Gomos bisa melanjutkan pendidikannya di ITB.

Baca juga: Pelajar Berprestasi hingga ke NASA, Siswa Siantar ini Butuh Bantuan untuk Kuliah di ITB

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak JR Saragih atas bantuan ini karena saya bisa melanjutkan pendidikannya. Semoga bantuan ini bisa saya balas dengan hasil yang memuaskan diperkuliahan saya. Saya juga mohon bantuan dari bapa uda, dari abang-abang sekalian waktu saya nanti kuliah agar tidak mengecawakan. Karena doa adalah yang sangat berharga bagi kita semua,” kata Gomos.