HETANEWS.COM

May Day, Konsolidasi Akbar Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara Turun ke Jalan

Aksi yang dilakukan Konsolidasi Akbar Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara di Fly Over Jamin Ginting (Simpang Pos), Medan. (foto : Steven)

Medan, hetanews.com - Memperingati Hari Buruh atau yang disebut May Day pada tanggal 1 Mei 2017, seluruh elemen mahasiswa dari berbagai organisasi tergabung dalam Konsolidasi Akbar Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara melakukan aksi damai di Fly Over Jamin Ginting (Simpang Pos), Medan, Senin (1/5/2017).

Berbagai organisasi yang mengikuti aksi itu yaitu, Gema Prodem, GMNI, BarsDem, Front Peta, PDAS dan Gema Tobasa. Ada 2 isu yang disampaikan yakni, mengenai sistem pendidikan dan kondisi buruh di Indonesia.

Aksi turun ke jalan yang dilakukan Konsolidasi Akbar Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara. (foto: Steven)

Aksi ini dilakukan mengingat kondisi pendidikan saat ini sudah berbanding terbalik dengan tujuannya. Kebebasan berekspresi serta berkreasi dikangkangi secara ototiter. Sanksi-sanksi sepihak terhadap pelajar yang berkreasi menjadi momok yang menakutkan dan pada akhirnya mencetupkan generasi bangsa yang penakut dan pecundang.

"Begitu juga dengan buruh di Indonesia samakin parah dengan kehidupan yang sangat jauh dari kelayakan. Regulasi kebijakan pemerintahan Indonesia tidak membawa buruh pada kesejahtraan dan hal tersebut semakin memperluas  bahwa penguasa adalah hamba dari kaum pemodal.

Spanduk yang berisikan sejumlah tuntutan dari Konsolidasi Akbar Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara. (foto: Steven)

"Padahal pemerintah seharusnya memangku parah buruh untuk menghentikan penghisapan yang terus dilakukan oleh kaum pemodal," sebut Pimpinan Aksi Budi dalam orasinya.

Ada sejumlah tuntutan disampaikan seperti, wujudkan pendidikan gratis, objektif, ilmiah dan bervisi kerakyatan. Tolak komersial dalam dunia pendidikan dan penghisapan terhadap buruh.

Persiapan dapur umum dalam aksi Konsolidasi Akbar Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara. (foto: Steven)

Wujudkan hidup buruh secara sejahtera, tolak intervensi asing (IMF, WORLD BANK dan ETC), memberikan hak belajar bagi seluruh rakyat aindonesia tampa pandang bulu, golput aktif di setiap Pemilu (rusak suara), anti elit politik dan partai politik, tolak pembangunan bersifat kemodalan, serta kembalikan tanah rakyat.

Aksi yang berakhir sekira pukul 18.00 WIB itu diikuti dari satuan elemen mahasiswa di Sumatera Utara berkisar 135 orang.

Aksi teaterikal yang berlangsung di di Fly Over Jamin Ginting (Simpang Pos), Medan. (foto: Steven)

Direncanakan, Selasa (2/5/2017) Konsolidasi Akbar Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara akan melakukan aksi pada 2 Mei sebagai Hari Pendidikan.

Penulis: steven. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!