HETANEWS.COM
CITIZEN JOURNALISM

Lanal TBA Amankan Imigran Gelap Asal Somalia di Perairan Asahan 

Para imigran gelap yang diamankan mendengarkan pengarahan dari pihak Lanal TBA. (foto : Ardiansyah)

Tanjungbalai, hetanews.com - Delapan orang imigran gelap asal Somalia diamankan Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) dari atas kapal tanpa nama di Perairan Sungai Asahan, Tanjungbalai.

Kedelapan imigran gelap asal Somalia yang diamankan, yaitu Abdul Wahab Muh(23), Maulid Ali (20), Ahmed Abdullah (21), M.Abdalla (23), Samiya (20), Muse (20), Halimo (29) dan Mariam (59). 

"Petugas juga mengamankan seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) ilegal asal Indonesia bernama Kadijah (36). Saat diperiksa, tidak ada ditemukan barang berbahaya atau barang terlarang," kata Kadispen Lantamal I Belawan, Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga, Jumat (29/04/2017).

Ia mengatakan, awalnya petugas mendapat informasi adanya kapal yang berlayar dari Malaysia membawa imigran gelap. 

Para imigran gelap asal Somalia yang diamankan di Perairan Asahan. (foto: Ardiansyah)

Laporan itu pun ditindaklanjuti dengan melakukan partoli yang dilakukan oleh Patroli Kemanan Laut (Patkamla) SSG II-1-47.

Petugas yang curiga dengan satu unit kapal tanpa nama lalu melakukan penyergapan. Saat disergap, 2 orang yang diduga sebagai anak buah kapal (ABK) melompat dan berlari masuk ke hutan. 

“Saat diperiksa, petugas menemukan 4 orang laki-laki dan 4 perempuan. Mereka merupakan warga kenegaraan Somalia. Petugas juga menemukan seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang ikut bersama mereka. Para imigran tersebut kemudian diserahkan ke imigrasi Kota Tanjung Balai untuk proses lebih lanjut," pungkasnya.

Penulis: ardiansyah. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan