HETANEWS.COM

Jalan Menuju Parapat Kembali Longsor, Tepatnya di Sibaganding

Alat berat diturunkan ke lokasi longsor di Jalan Siantar- Parapat, tepatnya di Huta Sualan, Nagori Sibagading, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kamis malam (27/4/2017). (foto : Huget).

Simalungun, hetanews.com - Jalan Siantar Parapat kembali tertimbun tanah dan bebatuan akibat longsor. Akibatnya, arus kendaraan bermotor terpaksa dihentikan guna membuka ruas jalan yang sempat tertutupi Kamis malam (27/4/2017).

Kejadiannya persis di depan warung Si Raja Oloan, Huta Sualan, Nagori Sibagading, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Menurut warga sekitar, longsor tersebut terjadi tanpa ada hujan maupun badai, dan diperkirakan pada pukul 20.00 WIB.

Antrian kendaraan akibat longsor di Jalan Siantar-Parapat. (foto: Huget).

"Sangat mengejutkan kali. Karena tidak ada hujan deras atau angin kencang. Tiba tiba langsung longsor," ujar seorang warga berusia 20 tahunan saat ditemui di warung si Raja Oloan. 

Salah seorang warga yang ditemui di lokasi kejadian menyebutkan, longsor terjadi akibat hujan deras yang terjadi sehari sebelum kejadian. Bukit yang berada pas di tepi jalan mengalami erosi hinga tanah dan bebatuan menutup hampir seluruh jalan.

"Memang gak ada hujan. Tapi semalam hujan deras," ungkap pria yang bermukim di Huta Sualan ini.

Kondisi di lokasi longsor dan petugas melakukan rekayasa lalu lintas. (foto: Huget).

Di lokasi, 1 unit alat berat diturunkan untuk membersihkan jalan yang tertimbun longsor. Selain itu,  beberapa orang petugas Polisi Lalu Lintas (Polantas) serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Simalungun terjun ke lokasi guna mengamankan arus lalu lintas. 

Di lokasi yang sama, arus lalu lintas dihentikan untuk pembersihan jalan yang tertimbun tanah dan bebatuan . Sejauh ini, antrian arus lalu lintas sepanjang mencapai hampir 1 km dari lokasi kejadian.

Dalam mengantisipasi kemacetan panjang, sesekali petugas melakukan rekayasa pengalihan arus 'buka tutup' bagi kenderaan yang melintas.

Penulis: gee. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!