Taput, hetanews.com - Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan bersama dengan Ketua Dekranasda Taput, Satika Nikson Nababan boru Simamora dan Ephorus HKBP Darwin Lumbantobing menghadiri ‘Grand Launching’ Karya Pengrajin Binaan Dekranasda Taput didampingi Sekda Edward Tampubolon dan anggota DPRD Taput Frengky Simanjuntak, bertempat di Kantor Dekranasda, Tarutung, Minggu (23/4/2017).

“Selamat atas peluncuran karya-karya para pengrajin sekalian, semoga kerja keras ini membawa kesejahteraan bagi kita semua,” awal sambutan Bupati.

Nikson Nababan juga memberikan beberapa arahan demi pengembangan usaha para pengrajin dan motivasi kepada Ketua dan pengurus Dekranasda serta memberikan penjelasan tentang program kerja yang telah dan akan dilaksanakan Pemkab Taput.

“Pemkab Taput masih fokus kepada pembukaan jalan lintas antar daerah sebagai upaya percepatan ekonomi masyarakat. Sekarang saatnya Pemerintah melayani bukan untuk dilayani,” akhir sambutan Nikson Nababan.

Pada kesempatan tersebut, Satika Simamora menampilkan dan menjelaskan hasil karya para pengrajin seperti ‘IAS Sparkling’ merupakan sabun cuci produk kelompok lansia Sait Nihuta, makanan ringan diolah dari buah-buahan hasil beberapa kecamatan dengan Merk ‘KRIYUK TA’ seperti kacang, dodol, ombus-ombus, dalihan ni horbo dan berbagai jenis kripik/kue, sirup nenas Sipahutar dan manisan kolang kaling Garoga merk 'UAS Segar', bumbu makanan merk ‘Sira Bumbu’ dan juga Kerajinan Tenunan Ulos, kerajinan rotan dan lonceng serta masih ada beberapa produk yang sedang dalam proses.

“Terima kasih kepada Bupati Nikson Nababan dan jajarannya serta para Kepala Desa atas dukungan yang diberikan kepada Dekranasda dan pengrajin. Produk dan kerajinan yang dihasilkan para pengrajin binaan Dekranasda semata-mata untuk kesejahteran masyarakat. Beberapa produk yang sudah ada kita berikan sentuhan baru agar lebih menarik dan layak menjadi oleh-oleh khas Taput. Mari bergandengan tangan demi kesejahteraan, hilangkan pikiran negatif,” ucap Satika.

‘Grand Launching’ ini ditandai dengan pemukulan lonceng oleh Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumbantobing dan pemotongan nasi kuning oleh Ompung Halasan boru Sihombing, serta dilanjutkan dengan peninjauan produk-produk karya binaan Dekranasda yang diluncurkan ke pasar dan pengundian lucky draw.

Produk-produk Dekranasda saat dipresentasikan. (foto: frengki)

Para Tokoh Masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut setuju bahwa kerajinan produk lokal ini ternyata tidak kalah kwalitasnya dibanding produk dari luar Taput.

“Saya melihat kepemimpinan Bupati Nikson Nababan mampu membawa masyarakat ke arah lebih maju dan berharap pembangunan ini berkelanjutan,” ucap Roy M. Sinaga mewakili Tokoh Masyarakat.

Para perwakilan pengrajin (Junjungan Hutabarat, Jannifer Hutagalung dan Marince Nababan) mengucapkan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan dukungan Ketua Dekranasda, Satika Simamora, terutama Bupati Nikson Nababan dalam mengembangkan kerajinan rumah tangga melalui berbagai inovasi dan terobosan.

Turut hadir pada acara tersebut para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Pimpinan OPD/Kabag/Camat/Perusda, para Kepala Desa, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat/LADN, para Pengurus TP. PKK Taput dan para pengerajin binaan Dekranasda.