Simalungun, hetanews.com - Satuan Reserse Polres Simalungun melakukan pemeriksaan tes urine terhadap puluhan warga yang diamankan pasca terjadinya bentrokan di Kecamatan Dolok Silau, Senin (24/4/2017).

Sebelumnya saat terjadinya bentrokan antara warga Nagori Cingkes dengan Nagori Bawang, Minggu malam (23/4/2017), sebanyak 63 orang warga diamankan Polres Simalungun. Semua warga Nagori Cingkes yang diamankan itu karena tak mengindahkan himbauan pihak Kepolisian untuk membubarkan diri.

Dua orang warga yang positif menggunakan narkoba. (foto: Istimewa).

Di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Simpang Tiga Bawang, warga justru melakukan penggerusakan serta pembakaran warung milik Mani Barus dan 1 unit sepeda motor.

Dalam pemeriksaan tes urine ini dilakukan terhadap 30 orang yang dicurigai, dari 63 warga Nagori Cingkes, sebanyak 10 org positif menggunakan narkoba.

Salah satu warga yang diamankan menjalani tes urine. (foto: Istimewa).

Hal ini disampaikan Kasat Narkoba Polres Simalungun, AKP ZP Matondang, sesuai hasil pemeriksaan tes urine.

Kesepuluh warga itu yakni, Iro Antonius Parangin angin (positif ganja dan sabu). Maklin Sanyoli Sembiring (positif ganja dan sabu), Balsen Tarigan (positif sabu), Lansat Tarigan (positif ganja), Leonardo Parangin angin (positif ganja dan sabu), Rio Sembiring (positif ganja), Adinan Tarigan (positif ganja dan sabu), Rendi Tarigan (positif ganja dan sabu), Seplin Sitepu (positif ganja dan sabu) dan Andreas Tarigan (positif ganja).

Pelaksanaan tes urine terhadap warga yang diamankan. (foto: Istimewa).

Bentrokan dipicu akibat adanya seorang wanita warga Bawang yang disenggol 2 orang warga Nagori Cingkes saat mengendarai sepeda motor, Minggu sore (23/4/2017). Ini berujung dengan terjadi pemukulan pada kedua Cingkes hingga mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit (RS) di Kabanjahe Karo.

Warga Cingkes yang tak terima atas peristiwa itu, akhirnya mendatangi Simpang Tiga Bawang, Minggu malam (23/4/2017) untuk mencari pelaku pemukulan. Akhirnya warga yang emosi melakukan aksi pembakaran warung milik Mina Barus dan 1 unit sepeda motor.

Petugas melakukan pemeriksaan hasil tes urine. (foto: Istimewa).

Personil Polres Simalungun dipimpin Kapolres AKBP Marudut Liberty Panjaitan langsung turun ke lokasi melakukan pengamanan. Sebanyak 63 orang warga diamankan untuk menjalani pemeriksaan di Polres Simalungun.