HETANEWS

Ini Acara Hiburan Rakyat di Perayaan HUT Kota Siantar ke 146

Flyer Pesta Rakyat, HUT Kota Siantar ke 146

Siantar, hetanews.com - Tanggal 24 April 2017 ini, Kota Siantar akan berusia 146 tahun. Pemerintah Kota (Pemko) Siantar akan mengadakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kali ini dengan pesta rakyat. Konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk mensukseskan acara ini, Pemko Siantar melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar technical meeting untuk perayaan HUT Siantar, pada Kamis malam (20/4/2017) yang dipimpin oleh Kepala Dispar Siantar, Fatimah Siregar dan Roselina Sitepu, Koordinator Acara Hiburan Rakyat.

Tampak hadir, Presiden BOMS, Erizal Ginting yang pihaknya akan berpartisipasi, Nandang Suaidah, perwakilan Bank Sumut sebagai sponsor tunggal, komunitas-komunitas yang ada di Kota Siantar seperti Stand Up Comedy Siantar, Zumba, Backpacker Siantar, Explore Siantar, DJ Siantar, Kelas Dewantara dan Theater Kosong Satoe.

Usai dibuka oleh Fatimah Siregar, technical meeting ini langsung dipimpin oleh Roselina Sitepu. Semua yang terlibat dalam acara ini, dipersilahkan memberikan tanggapan, saran serta masukan agar HUT Kota Siantar ini terselenggara dengan baik.

Roselina menjelaskan, perayaan ini akan dimulai pada Jumat (21/4/2017) yang dimulai pukul 17.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Pada hari itu, akan diisi dengan kuliner maupun non kuliner di depan Balai Kota Siantar dan Parkir Pariwisata.

"Bagi yang ingin menjajakan kulinernya, silahkan mendaftar. Gratis, tanpa dipungut biaya. Tapi yang ingin mencicipi, tidak gratis ya," ujarnya.

Kemudian, panggung di Lapangan Adam Malik, akan diisi dengan acara, penampilan dari kecamatan-kecamatan di Kota Siantar, Kelas Dewantara, Bank Sumut dengan MC yakni Anca Damanik dan Nandang.

Pada Sabtu (22/4/2017), ada penampilan dari Punxgoaran Band, DJ, Indentity Band, Komunitas Backpaker Siantar, blogger Explore Siantar, Stand Up Comedy Siantar dengan MC Guido Hutagalung dan Abel. Juga ada senam Zumba di depan Balai Kota Siantar menghadap Taman Bunga. "Atraksi ular dari ibu Nandang juga yang diiringi DJ," kata Roselina.

Sementara, untuk tanggal 23 April, tepatnya acara Minggu, akan ada fashion show dari anak-anak berusia 5-12 tahun yang akan dibawa tour Siantar dengan Becak Siantar. Foto-foto dengan Becak Siantar dengan latar belakang Tugu Becak Siantar juga akan mengisi acara ini yang nantinya foto tersebut akan diposting di media sosial.

"Untuk fashion show yaitu anak-anak dengan memakai pakaian adat nasional. Karena, Kota Siantar ini terdiri dari banyak suku. Pendaftaan gratis dan ada hadiahnya. Musik dan Theater dari Theater Kosong Satoe juga akan mengisi acara," lanjutnya.

Dalam tak ketinggalan, penampilan Kreasi Pemuda Siantar akan sangat memukau. Akan ada penampilan parade 7 set tagading (gondang Batak) yang berkolaborasi dengan tarian budaya di Lapangan Adam Malik.

Adapun tariannya yakni Tortor Sibunga Jambe, Tortor Siputa Cawan dengan 1 orang penari yang akan beraksi dengan 7 cawan dan air dalam cawan tersebut tidak tumpah, ada tarian Tortor Tolu Sahundulan serta pertunjukan Marmoccak (seni bela diri Batak).

Penulis: ndo. Editor: abn.