HETANEWS.COM

Marak Penebangan Kayu Mahoni di Jalan Siantar-Parapat, Kapolres akan Menindaklanjuti

Lokasi pohon mahoni yang mula dicabangi persis menempel salah satu kios di bahu Jalan nasional di Nagori Bah Sampuran. (foto : Zai).

Simalungun, hetanews.com - Penebangan kayu mahoni di pinggir jalan nasional wilayah Kabupaten Simalungun semakin marak.

Aktifitas yang berlangsung sejak tahun lalu dari jalan nasional jurusan Medan - Siantar kini terjadi lagi di jalan nasional jurusan Siantar-Parapat persis di Nagori Sampuran, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun. 

Akan tapi aktivitas yang diduga tidak memiliki dokumen resmi dari instansi terkait itu terkesan terbiarkan oleh jangkauan penegak hukum. Ini membuat oknum yang terlibat leluasa menjual hasil perantingan ataupun pembalakan keluar daerah Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Informasi dihimpun sebelumnya dari salah satu warga, inisial WRH terkait aksi yang berlangsung, Kamis (20/4/2017) di bahu jalan nasional itu menyebutkan bahwa sesuai keterangan pelaku yang disebutnya LS dan RM memiliki ijin dari Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumuatera Utara (Sumut) dan telah berkordinasi ke Polsek setempat 

"Kalau menurut pemaparan mereka. bahwa kegiatan yang akan dimulai esoknya telah memiliki ijin dari Dishut Provinsi dan sudah berkordinasi kepada Polsek setempat. Seharunya mulai hari ini dimulai, karena para pekerja belum klop (lengkap), kemungkinan esok akan dimulai," bilang WRH.

Menurut salah satu warga Bah Sampuran lainnya, K yang tidak memberikan nama aslinya, aktivitas penebangan kayu mahoni dibahu jalan nasional di. Nagori Bah Sampuran Kecamatan Jorlang Hataran berlangsung sejak pagi dan dikerjakan beberapa para pekerja menggunakan sinsaw. 

Sementara, Kapolsek Balata AKP B Pakpahan kepada wartawan menuturkan, aktivitas yang dilakukan para pekerja tidak menumbang pohon, melainkan merantingi pohon mahoni di bahu jalan nasional itu. 

Terpisah Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan melalui pesan Whatsapp (WA) wartawan mengucapkan terima kasih atas informasi diberikan dan berjanji akan menindak lanjuti.

Penulis: zai. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan