Simalungun, hetanews.com - Pemkab Simalungun terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat di semua bidang, tidak hanya pendidikan dan kesehatan serta infrastruktur saja. Kali ini giliran dari bidang pertanian.

Dalam rangka pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) ke 15 tahun 2017 yang akan berlangsung pada 6-11 Mesi 2017 di Banda Aceh, Pemkab Simalungun mengirimkan kontingen sebagai duta dari daerah itu untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama Penas.

Kontingen Kabupaten Simalungun yang akan mengikuti Penas berjumlah 135 orang. Namun sebelum berangkat mengikuti kegiatan Penas, diberikan pembekalan oleh Pemkab Simalungun bekerjasama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA).Pembekalan kepada peserta penas dilaksanakan di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Pamatang Raya, Rabu (19/4/2017).

Menurut ketua KTNA Kabupaten Simalungun Darwis Sipayung, pembekalan kepada para peserta Penas diadakan untuk memberikan berbagai arahan tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada Penas, termasuk kelengkapan yang akan diperlukan nantinya.

Kontingen Penas  Simalungun akan berangkat ke Banda Aceh dijadwalkan pada tanggal 4 Mei 2017 dari Kantor Bupati dengan mengunakan 4 unit bis, jumlah kontingen sebanyak 135 orang terdiri dari peserta, pendamping dan peninjau,. “Kita berharap dapat mengikuti semua kegiatan yang dilaksanakan pada Penas mendatang,” kata Darwis.

Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga mengatakan, Penas dilaksanakan 4 tahun sekali dan ini merupakan pesta petani, untuk itu mari diikuti dengan sunguh sungguh. "Berbagai ilmu dan tekhnologi banyak kita dapat di sana (Penas), yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian di Simalungun,” sebut Amran.

Dikatakan, di Kabupaten Simalungun ada sekitar 65 persen dari jumlah penduduk hidup dari pertanian yang banyak memberikan kontribusi kehidupan bagi masyarakat. Sementara Penas merupakan ajang silahturrahmi bagi seluruh petani di Indonesia, yang sudah tentu banyak informasi maupun tekhnologi yang didapat.

Amran mengatakan, di Penas Kabupaten Simalungun membuka stand pameran yang menampilkan berbagai produk-produk unggulan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati juga mengingatkan kepada para peserta, selama berlangsung kegiatan Penas untuk tetap menjaga kesopanan karena di Aceh berlaku hukum syariat Islam. Disamping itu peserta juga diingatkan untuk disiplin dan mengikuti ketentuan yang telah di tetapkan oleh panitia.

"Mari sama-sama dijaga nama baik daerah kita dan dengan semangat baru yang telah digagasi oleh Bupati Simalungun. Kita ikuti kegiatan Penas ini dengan penuh semangat untuk kemajuan Simalungun," tuturnya.

Dadang Pramono selaku Anggota DPRD Simalungun mengharapkan kepada peserta untuk tetap menjaga kebersamaan dan nama baik pemkab.

“Kita mengapresiasi Bupati Simalungun atas kepeduliannya menyiapkan anggaran yang cukup besar pada Penas tahun ini di Aceh. Untuk itu kami minta kepada petani memanfaatkan ajang ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan di bidang pertanian, sehingga nantinya dapat diterapkan di Simalungun,” ujarnya.