Labuhanbatu, hetanews.com - Pengembangan Kampung KB merupakan program nasional di era pemerintahan Jokowi-JK.

"Oleh karena itu mari kita dukung program pemerintah tersebut yang tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," sebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, Siti Awal Pangonal Harahap, Kamis (20/4/2017) pada acara Pencanangan Kampung KB di Lingkungan Bulu Cina, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Rantau Selatan yang ditandai dengan pemukulan gong.

Menurut Siti Awal, berhasil tidaknya pengembangan Kampung KB ini tergantung pada partisipasi masyarakat. Karena program Kampung KB ini adalah dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, saya mengharapkan para ibu anggota PKK, Kader Posyandu serta Kader KB agar berperan aktif dalam pengembangan Kampung KB ini,” jelasnya.

Lebih lanjut disebutkan istri Pangonal Harahap ini, bahwa salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir adalah dengan berKB. Banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi mereka yang ikut program KB, di antaranya Kesehatan Ibu dan Bayi lebih terjamin, rumah tangga lebih terurus, pendidikan dan kesehatan anak-anak lebih baik dan beban keluarga lebih terencana.

“Program pemerintah lainnya yang cukup dirasakan manfaatnya oleh masyarakat adalah Posyandu dan PAUD.

Di Kampung KB ini akan dikembangkan Pos Pelayanan terintegrasi dimana pelayanan Posyandu akan terintegrasi dengan pelayanan Bina Keluarga Balita (BKB). Mari manfaatkan fasilitas tersebut untuk membantu tumbuh kembang anak balita agar menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat,” kata Siti Awal.

Lidiyawati Harahap dalam laporannya menyebutkan, pengembangan Kampung KB ini untuk mendekatkan akses pelayanan terintegrasi antara Posyandu, PAUD dan Bina Keluarga Balita. Selain itu intervensi pembangunan dilakukan secara bersama-sama dengan lintas sektor yang terkait lainnya.

Kemudian untuk memberikan informasi dan pengetahuan secara holistik kepada masyarakat terutama para calon ibu dan para ibu yang memiliki bayi dan balita tentang tumbuh kembang anak.

Lebih lanjut dijelaskan Lidiyawati, Kampung KB merupakan program unggulan di era pemerintahan saat ini, program Kampung KB mendukung cita Ke 3, yaitu “Membangun Indonesia Dari Pinggiran Dengan Memperkuat Daerah-Daerah dan Desa Dalam kerangka Negara Kesatuan”.

Program ini sudah dimulai pada Juli 2016 di Kecamatan Rantau utara tepatnya di Kelurahan Kota Rantauprapat Lingkungan Paindoan.

“Pelaksanaan Pencanangan Kampung KB yang kedua di Kecamatan Rantau selatan Kelurahan Sidorejo Lingkungan Bulucina ini juga dilaksanakan pelayanan pemasangan KB Implan serentak secara gratis di seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Labuhanbatu,” jelas Lidiyawati.