HETANEWS

Pemkab Nias Suguhkan Pagelaran Seni dan Budaya di PRSU

Penampilan Seni dan Budaya Kepulauan Nias di PRSU. (foto : Soni)

Nias, hetanews.com - Pemkab Nias melaksanakan Pagelaran Seni dan Budaya Kabupaten Nias pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 46 Tahun 2017 dengan dihadiri mewakili Gubernur Sumatera Utara (Gusbu) bersama unsur Forkopimda Nias di Open Stage PRSU Medan.

Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli dalam sambutannya mengatakan, bahwa atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Nias mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada mewakili Gubsu dan Ketua Yayasan PRSU. Pasalnya telah memberikan kesempatan kepada Pemkab Nias untuk melaksanakan pementasan atau pergelaran seni dan budaya Nias.

Sokhiatulo menambahkan, ucapan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya juga diungkapkan kepada segenap orangtua, tokoh masyarakat, pemuka agama, pimpinan organisasi sosial kemasyarakatan, organisasi marga/STM Warga Nias di Kota Medan serta Organisasi Kemahasiswaan dan segenap mahasiswa kepulauan Nias yang sangat kami banggakan beserta seluruh hadirin / undangan yang telah meluangkan waktu untuk menyaksikan acara kita ini. 

Kabupaten Nias tahun 2016-2021 dengan visi “Terwujudnya Kabupaten Nias Yang Maju, Mandiri Dan Sejahtera” difokuskan pada 5  agenda kebijakan pembangunan prioritas, antara lain:

Nias terakses, yakni membangun infrastruktur dan prasarana wilayah. Nias sehat dan cerdas, yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Nias makmur, yakni membangun perekonomian rakyat dan kesejahteraan sosial; Nias melayani, yakni: menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik; serta Nias rukun dan berbudaya, yakni: menata kehidupan sosial kemasyarakatan ke arah yang lebih baik.

Selanjutnya dalam rangka mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat dan daerah, kebijakan dan terobosan yang kami lakukan saat ini antara lain mengajak dan menjalin kerjasama dengan beberapa investor untuk menanamkan modalnya di daerah nias, antara lain dari China, Singapore, Jepang dll.

"Semua ini dapat kami lakukan atas arahan, petunjuk, dukungan dan perhatian yang besar dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara. Peluang investasi yang sangat prospektif untuk dapat diolah dan dikembangkan di daerah Nias. Antara lain di sektor pengembangan pembangunan pariwisata, pengembangan hasil laut dan perikanan, pengembangan hasil pertanian dan perkebunan, pengembangan real estate dan perhotelan; Industri pertambangan dan energi; Industri jasa dan perdagangan, dan lain-lain.

Sokhiatulo menuturkan, pihaknyai sedang menggagas satu program pengembangan kawasan ekonomi cepat tumbuh “Soziona”, yakni pengelolaan, pemanfaatan dan pengembangan Sumber Daya Alam (SDA), wisata bahari dan pantai Somi-Bozihona-Onolimbu / Tagaule-Nalawo yang menyusuri pantai timur Kabupaten nias sepanjang 48 kilometer.

"Kawasan ini nantinya hanya berada sekitar 5 kilometer dari Bandara Binaka Gunungsitoli-Nias sebagaimana telah kita saksikan pada tayangan visual rencana pengembangan kawasan Soziona," katanya.

Dalam hal ini Pemkab Nias berkomitmen untuk memberikan insentif dan kemudahan bagi setiap investor serius menanamkan modalnya di daerah itu, terutama aspek perizinan, serta jaminan bahwa tidak ada pungutan-pungutan dibebankan kepada investor di luar ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu PemkabNias terus membangun infrastruktur dan prasarana wilayah guna mendukung pengembangan investasi di kawasan soziona tersebut. Pemkab Nias bekerjasama dengan TNI melalui program TMMD. Saat ini sedang melaksanakan pembukaan badan jalan pada jalur soziona sepanjang 11 kilometer dengan lebar 20 meter dan dilanjutkan pada tahun depan secara bertahap dan berkesinambungan.

Melalui acara PRSU ke 46 ini merupakan wadah pengembangan dan pelestarian nilai dan kekayaan budaya daerah yang memiliki nilai edukasi bagi generasi muda Nias.

Adapun tujuannya, untuk lebih mengenal dan mencintai adat-istiadat, seni dan budaya lokal/daerah nias sebagai bagian dari kekayaan budaya nasional. Penyelenggaraan PRSU itu sendiri sekaligus sebagai wahana pameran dan promosi berbagai produk unggulan daerah. 
Untuk itu ke depan diharapkan kepada seluruh kepala perangkat daerah terkait lingkup Pemkab Nias agar mulai dari sekarang mengaplikasikan motto Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Nias yaitu Kreatif, Inovatif dan Sinergitas (KIS) dengan mempersiapkan bahan dan produk daerah/hasil binaan berkualitas untuk mengisi paviliun di arena PRSU, guna mendukung sekaligus mewujudkan harapan Gubsu agar operasional PRSU dapat dibuka setiap harinya sepanjang tahun.

Penulis: soni. Editor: abn.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.