HETANEWS

Anggota Polwan Ancam Wartawan, Ini kata Waka Polres Siantar

Wakapolresta Siantar, Kompol Waimin. (foto : dok.hetanews.BT)

Siantar, hetanews.com - Tindakan Bripda Vanny Simbolon yang sempat mengancam wartawan saat pelimpahan tahap dua tersangka UU ITE di Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar dinilai dapat berujung fatal. 

Sebab, sudah seharusnya sebagai anggota Polri bisa mengayomi masyarakat, termasuk wartawan yang juga mitra kepolisian selama ini.

Wakil Kepala Kepolisian Resort Kota Siantar, Kompol Waimin dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan segera mengklarifikasi kejadian itu terhadap anggota Polisi Wanita (Polwan) tersebut.

"Hari senin akan kita panggil yang bersangkutan," tegas Kompol Waimin dari seberang telepon, Sabtu (15/4).

Bripda Vanny Simbolon diketahui bertugas di ruang Siantar Crisis Centre (SCC) Polres Siantar, yang terletak di Jalan Sudirman, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat.

Peristiwa pengancaman berlangsung ketika wartawan meliput pelimpahan tahap dua (P22) kasus dugaan pelanggaran UU ITE dengan tersangka Elfrida Sinaga. Diketahui, Bripda Vanny ikut pelimpahan guna untuk menjamini tersangka yang merupakan orangtuanya itu agar tidak ditahan oleh Kejaksaan. 

Saat itu Bripda Vanny mengeluarkan kalimat, "Tunggu kalian di Polres ya" kepada wartawan yang meliput. Hanya saja, usai proses pelimpahan tahap dua, dirinya berdalih mengucapkan hal itu untuk mengajak wartawan menenggak kopi bersama.

Baca: Tersangka UU ITE Maki Wartawan dan Oknum Polwan Polres Siantar Ikut Mengancam

Kompol Waimin berujar, setelah mendegar kejadian tersebut, dirinya telah melaporkan Bripda Vanny Simbolon ke Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) guna ditindaklanjuti.

"Saya kira anggota serse, rupanya SCC ya, sudah saya teruskan itu ke KBO Reskrim agar ditindaklanjuti. Tapi ya sudah, hari senin dia akan kami panggil untuk klarifikasi," ungkapnya.

Hal ini juga telah dilaporkan ke Kapolda Sumatera Utara melalui Kabid Humas, Kombes Rina Sari Ginting. Hanya saja, Rina yang dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp terkait tindakan anggota Polwan itu belum memberikan jawaban, meski sudah membaca.

Baca: Alamak! Isteri Oknum Polisi Simalungun, Elfrida Sinaga Tersangka Perdana UU ITE

Baca juga: Tersangka UU ITE Pertama di Siantar Tak Ditahan, Dijamin Putrinya Oknum Polwan

Penulis: bt. Editor: abn.