HETANEWS

Ada Problem di Rumah, Satpam SMAN 3 Minta Maaf, Kepsek Janji Evaluasi

Para awak media bersama LSM ketika beraudiensi dengan Kepsek SMAN 3, Hinsa Simatupang (kanan) dan satpam sekolah, Rido Napitupulu (kaos biru merah). (foto : BT)

Siantar, hetanews.com - Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Siantar, Hinsa Simatupang berjanji mengevaluasi kinerja security sekolah atau satpam Rido Napitupulu yang nekat mengancam awak media ketika hendak melakukan peliputan, kemarin. 

Hal itu disampaikannya kepada sejumlah awak media, ditemui di aula sekolah yang beralamat di Jalan Pane, Kelurahan Tomuan, Siantar Timur, Kamis (13/4/2017).

Semula dalam keterangannya, Hinsa memohon maaf atas tindakan salah satu pegawainya itu yang terjadi pada Selasa (11/4/2017). Dia berujar, Rido memang memiliki kepribadian tempramental. Meski begitu kata dia, Rido telah mengakui kesalahannya.

"Ngakunya dia salah. Memang saya lihat dia kepribadiannya agak tempramen. Makanya saya bilang jangan lagi begitu sama tamu," kata Hinsa.

Baca: Bah! Satpam SMAN 3 Siantar Ancam Wartawan

Dirinya menampik sikap seperti premanisme dilakukan Rido merupakan suruhannya ketika dua awak media JurnalRealitas.com dan Suara Simalungun hendak meliput kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Gak, gak pernah saya suruh, gak ada aturan seperti itu. Dan akan saya evaluasi, dalam hal ini biar dulu secara lisan," katanya.

Sementara, Rido yang dipanggil dalam pertemuan itu juga mengaku salah. Dia beralasan memiliki masalah di rumah, sehingga terbawa hingga ke pekerjaan dan mengeluarkan ancaman.

"Jadi karena ada kendala di rumah saat itu. Saya minta maaf. Saya kemarin bilang jumpa di luar bukan untuk ajak berduel, tapi berdebat karena saat itu lagi ujian," kata dia.

Di akhir pertemuan, BM, wartawan Jurnal Realitas meminta kepada Rido agar tak mengulangi perbuatannya menghalangi, bahkan mengancam wartawan yang hendak melakukan peliputan.

"Kita semua dilindungi Undang-Undang (UU), jadi saya harap agar hal ini tidak terulang lagi kepada wartawan atau rekan LSM," tegasnya.

Penulis: bt. Editor: abn.