HETANEWS.COM

Perbaikan Jalan Taman Bunga, Reinward: Saya Pelajari Dulu

Pengendara sepeda motor yang sedang melintas di jalan berlubang yang berada di sekitar Taman Bunga, Kota Siantar yang rentan mengakibatkan kecelakaan. (FOTO : LAZUARDY FAHMI)

Siantar, hetanews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Siantar diketahui telah menganggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Siantar tahun 2017 sebesar Rp 650 juta untuk perbaikan jalan dan penerangan di jalan depan Perpustakaan Sintong Bingei.

Selain ingin memperindah dan mengembalikan fungsi Taman Bunga (Lapangan Merdeka), penganggaran ini juga sebelumnya adalah permintaan dari para pedagang Taman Bunga. Mereka berjanji tidak akan berjualan lagi, asal jalan rusak tersebut diperbaiki serta ditambah penerangan.

Reinward Simanjuntak, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Siantar, secara pasti belum mengetahui proyek-proyek di dinasnya pasca adanya pengukuhan pejabat Eselon II Pemko Siantar yang mana di posisinya tersebut, sebelumnya dijabat oleh Lukas Barus.

"Saya belum tahu (kapan dilaksanakan pengerjaan proyek). Saya pelajari lah dulu," ujar Reinward yang juga menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kota Siantar ini ditemui di Balai Kota, Rabu (11/4/2017).

Seperti sebelumnya diberitakan, Lukas Barus, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas PR KP Kota Siantar, kepada wartawan, mengatakan bahwa selain mengembalikan fungsi Taman Bunga, Pemko Siantar akan melakukan pembenahan dan pemeliharaan.

Program pembenahan dan pemeliharaan dilakukan, agar Taman Bunga lebih indah. Baik dilihat dari luar, maupun yang ada di dalam. Untuk itu, Pemko Siantar sangat mengharapkan kesadaran para pedagang yang ada di sekitar Taman Bunga, yang sebelum ini, kerap melakukan aksi protes terkait pelaksanaan sejumlah program Pemko Siantar terhadap Taman Bunga.

"Tahap awal, jalan masuk menuju Taman Bunga yang berada persis di antara kios pedagang dengan Gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Siantar akan diperlebar dan diperindah bentuknya. Bila selama ini lebar badan jalan, hanya sekitar tiga meter, akan dilebarkan menjadi 8 meter," tuturnya beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, badan jalan itu nantinya terbuat dari batu alam (andesit) yang cukup tebal dan kuat. Sehingga, dapat dilintasi kendaraan roda empat. Untuk menambah keindahan, terutama pada malam hari, di bagian tengah membelah badan jalan, akan dipasang lampu jalan hias.

Pengendara sepeda motor yang sedang melintas di jalan berlubang yang berada di sekitar Taman Bunga, Kota Siantar yang rentan mengakibatkan kecelakaan. (FOTO: LAZUARDY FAHMI)

"Pada malam hari, badan jalan yang terbuat dari batu alam tersebut, dapat dipergunakan para pedagang sebagai tempat pembeli untuk bersantai maupun berinteraksi," kata Lukas.

Adapun, anggaran untuk memperlebar dan memperindah badan jalan menuju Taman Bunga, telah ditampung di APBD Kota Siantar tahun 2017, sebesar Rp 650 juta.

Sedangkan program Pemerintah Pusat, persisnya di dekat kantor Lurah Proklamasi, akan dibangun taman mini sebagai fasilitas arena permainan anak. Di taman mini itu nantinya akan dilengkapi berbagai jenis permainan untuk anak.

Pemko Siantar juga akan kembali menata dan melakukan perbaikan terhadap kondisi tanaman yang ada di Taman Bunga. Seperti, tanaman rumput yang sebagian telah gundul dan layu, akan ditanam kembali. Ini agar Taman Bunga, dapat kembali terlihat asri dan indah.

Lalu, keliling Taman Bunga, juga akan dibangun trotoar yang lebih lebar. Dengan menutup bagian atas drainase yang ada di sisi Taman Bunga. Sehingga, di trotoar tersebut nantinya, juga bisa digunakan untuk bersepeda maupun jogging track.

Penulis: ndo. Editor: abn.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!