HETANEWS.COM

STMIK Pelita Nusantara Gandeng Forum Ihan Batak Adakan Workshop Penelitian dan Pengabdian

Rapat persiapan pelaksaan Workshop Penelitian dan Pengabdian. (foto : Janner Simarmata ).

Medan, hetanews.com - STMIK Pelita Nusantara menggandeng Forum Intelektual Harapan Anak Negeri Batak (Forum Ihan Batak) dalam acara yang bertemakan Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang Kompetitif, Kreatif, Inovatif dan Dibutuhkan Masyarakat.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017 nanti, bertempat Aula Kampus STMIK Pelita Nusantara, Jalan Iskandar Muda No. 1 Medan.

Hal tersebut disampaikan Alex Rikki Sinaga selaku Ketua Pelaksana di saat rapat beberapa waktu lalu.

“Workshop ini direncanakan akan dibagi menjadi 2 sesi, yang pertama workshop bertajuk Model Penyusunan Proposal Penelitian yang Dikompetisikan oleh Simlibtamas Ristekdikti, langsung dibawakan 2 narasumber Zakarias Situmorang dan Tumiur Gultom. Yang keduanya adalah alumni dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan pengurus Forum Ihan Batak,” kata Alex.

Sedangkan pada sesi kedua narasumber oleh Lisnawaty Simatupang, workshop ini bertajuk Model Penyusunan Proposal Pengabdian pada Masyarakat yang Dikompetisikan oleh Simlibtamas Ristekdikti.

Alex menambahkan, semoga dengan kegiatan ini dapat menambah kemampuan dosen-dosen dalam membuat penelitian dan pengabdian yang dibiayai oleh Menristek Dikti melalui program Simlibtamas.

“Kita tau bahwa dosen wajib melakukan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Akan tetapi banyak dosen yang cendrung hanya melakukan pengajaran saja, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dalam menuangkan ide menjadi penelitian,” paparnya.

Brosur kegiatan workshop. (foto: Janner Simarmata ).

“Untuk itu, kami mengundang bapak/ibu segera mendaftar dengan dikenakan biaya Rp 150 ribu per orang, sudah termasuk sertifikat, coffee break, makan siang dan perlu diingat peserta sangat terbatas,” tambah Alex.

Di samping itu, peserta juga diwajibkan untuk membawa draf proposal penelitian maupun penelitian serta laptop. “Karena kita ingin setiap peserta bisa langsung mengerjakan perbaikan-perbaikan yang disampaikan para narasumber pada workshop nanti,” tukas Alex.

Zakarias Situmorang mengatakan, workshop sebagai sebuah upaya meningkatkan skill sumber daya manusia, sehingga diharapkan nantinya dapat mempersiapkan proposal penelitian dan pengabdian dengan baik, yang dibimbing oleh para pakar di bidangnya. “Dengan harapan proposalnya dapat diterima untuk didanai,” pungkas Zakarias.

Dengan diluncurkannya buku edisi XI panduan penelitian dan pengabdian mempunyai banyak skim dan ini perlu disikapi sebagai seorang peneliti.

Sekretaris Jenderal Forum Ihan Batak, Janner Simarmata menyampaikan terima kasih atas kepercayaan STMIK Pelita Nusantara dan mau bekerjasama dengan Forum ini dalam melaksanakan workshop ini.

Selama ini, Forum Ihan Batak telah banyak melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, organisasi dan pemerintah daerah serta telah beberapa kali melaksanakan seminar dan workshop.

“Perlu saya sampaikan, Forum Ihan Batak membawahi 3 bidang, diantaranya pendidikan, penelitian dan pengabdian, dimana personilnya terdiri dari para akademisi dan praktisi,” tutup Janner.

Penulis: tim. Editor: aan.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!