HETANEWS.COM

Pengukuhan Pejabat Terkesan Amburadul, Zainal Siahaan: Semua Sudah Sesuai Prosedur

Zainal Siahaan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemko Siantar. (foto : Lazuardy Fahmi).

Siantar, hetanews.com - Penilaian buruk terhadap pelaksanaan pengukuhan 29 orang Pimpinan Tinggi Pratama atau pejabat Eselon II di Pemko Siantar beberapa hari lalu, mendapat jawaban dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Siantar, Zainal Siahaan.

Ia mengatakan, bahwa proses untuk pengukuhan tersebut, terlebih dahulu mendapat persetujuan dari pemerintah atasan, dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) serta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Itu (pengukuhan) sudah persetujuan dari Mendagri. Kalau job fit itu, cukup dari Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan). Baperjakat yang menilai. Itu artinya. Ini sudah dilakukan semua prosesnya," ujarnya ditemui di pelataran Balai Kota Siantar, Senin (10/4/2017).

Mengenai posisi pejabat (pimpinan) di SKPD yang harus dikukuhkan, tetapi tidak dikukuhkan dan ada posisi yang harus dilaksanakan job fit, Zainal kembali mengatakan bahwa hal tersebut telah mendapat penilaian dari Baperjakat.

"Contohnya saya. Kan ada dua di situ (SKPD yang digabungkan). Ada Baperjakat yang menilai, apakah saya sesuai atau tidak disitu. Ya dinilai," lanjutnya.

Intinya, ia menguatkan bahwa pelaksanaan pengukuhan tersebut tidak ada menyalahi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah karena telah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

"Ada persetujuan dari Mendagri, mana bisa dikukuhkan kalau tidak ada persetujuan. Persetujuan Menpan RB, KASN, dilihat semua itu. Jadi prosedurnya sudah (dilaksanakan). Satu-satu dibuat itu di keterangannya itu. Disetujui, dikukuhkan," tutupnya.

Penulis: ndo. Editor: abn.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!