HETANEWS

Terlibat Narkoba, Hakim PN Rantauprapat Bakal Direhab

Spanduk komitemen para hakim yang bertugas di PN Rantauprapat. (foto : Fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat bila terlibat Narkoba bakal direhap.

Hal itu dikatakan Ketua PN Sobandi saat ditemui wartawan di lingkungan Kantor Pengadilan, Senin (10/4/2017).

Dikatakannya, selain direhap, oknum hakim yang terlibat juga tak diberi perkara narkoba. "Setelah kita rehap, oknum hakim yang terlibat narkoba tidak diberikan menangani kasus narkoba," sebut Sobandi.

Dijelaskannya, Kamis (13/4/2017) sekitar pukul 10.00 WIB, pihaknya akan melakukan tes urine pada sejumlah hakim yang bertugas di PN yang dipimpinnya itu.

"Sudah kita koordinasikan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), kegiatan itu berlangsung berkat kerjasama dengan Polres Labuhanbatu dan Satuan Narkoba," tandas Sobandi.

Sebelumnya, banyaknya kasus tindak pidana narkotika di Kabupaten Labuhanbatu hendaknya para hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Rantauprapat juga terbebas dari yang namanya narkoba.

Jika ada oknum hakim yang terlibat narkoba, dikhawatirkan memvonis terdakwa tanpa didasari peraturan yang ada. Untuk itu Ketua Pengadilan Sobandi agar mengusulkan tes urine kepada para hakim yang bertugas di PN Rantauprapat.

"Polres Labuhanbatu baru saja melakukan tes urine terhadap anggota, jika terlibat, diusir dari asrama. Kita harap di Pengadilan itu juga melakukan hal yang sama, dengan begitu dimulai bersih-bersih dari pejabat hukumnya, kalau sudah bersih dari yang namanya narkoba, pasti memvonis sesuai aturan yang berlaku," kata Praktisi Hukum Nasir Wadiansah Harahap, Minggu (9/4/2017) pada wartawan.

Penulis: fendi. Editor: abn.