Simalungun, hetanews.com - Selama kurang lebih 1 tahun 6 bulan (25/9/2016-11/3/2017), AKBP Yopie Girianto Putro memegang tonkat kepemimpinan di Polres Simalungun. Berbagai terobosan inovasi yang dilakukan berbuah beberapa penghargaan.

Namun, usai menjalankan ikhwal pedang pora (tradisi serah terima jabatan), AKBP Yopie Girianto Putro resmi meninggalkan Polres Simalungun dengan dilepas oleh seluruh anggota Polres Simalungun melewati karpet merah diiringi konvoi komunitas motor trail.

Dimana olah raga motor trail adalah salah satu hobi Yopie Girianto Putro. Saat itulah rasa haru dan sedih seketika terpancar pada raut wajah personil Polres Simalungun yang hadir.

Kini tongkat kepemimpinan Kapolres Simalungun diserah terimakan kepada Kapolres Simalungun yang baru, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Jumat (7/4/2017).

Salam komando antara AKBP Yopie Girianto Putro dengan AKBP Marudut Liberty Panjaitan.(foto: Zai) 

Dalam sambutan, Yopie Girianto menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh anggota Polres Simalungun, dimana selama bertugas kurang lebih 18 bulan dalam melaksanakan tugas telah memberikan dukungan dalam menjalankan tugas kepolisian.

"Saya bangga kepada kalian semua, selama menjalankan tugas tidak ada kasus menonjol dan penyelesaian kasus dapat diselesaikan secara professional. Mulai dari pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati yang diselenggarakan KPUd berjalan lancar dan tugas ini adalah hasil kebersamaan," ungkap Yopie sembari memberi penghormatan.

Kapolres Simalungun yang baru, AKBP Marudut Liberty Panjaitan dalam sambutannya menyampaikan, bangga atas penyambutan yang dilaksanakan dan juga merasa terharu atas kedekatan hubungan antara pejabat lama dengan seluruh personil Polres.

"Terkait program program terobosan dan kebijakan yang sudah dilaksanakan oleh pejabat lama, akan saya teruskan dan tingkatkan. Namun semua itu harus didukung oleh seluruh personil," ungkap Marudut.

AKBP Yopie Girianto Putro didampingi AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat memimpin upacara di Mapolres Simalungun.(foto: Zai) 

Pantauan di lokasi, kegiatan diawali dengan beberapa rangkaian pedang pora menyambut pejabat Kapolres Simalungun yang baru dengan dilanjutkan pelaksanaan laporan kesatuan (Lapsat) di ruang PDDO Mapolres Simalungun. 

Dalam acara laporan kesatuan, Yopie Girianto menjelaskan tentang situasi di wilayah hukum Polres Simalungun, mulai dari keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) hingga situasi geografis wilayah hukum Polres Simalungun dan jajarannya.