HETANEWS

Pasca Pengukuhan Kadishub baru, Terminal Tanjung Pinggir kembali Diaktifkan

Salah satu bus AKDP yang masuk ke Terminal Tanjung Pinggir. (foto : Ndo)

Siantar, hetanews.com - Setelah lama mati suri, Terminal tipe A Tanjung Pinggir Kota Siantar kembali diaktifkan. Walaupun, kali ini belum pengaktifan secara penuh. Namun, masih 'pemanasan' pengaktifan kembali.

Terhitung sejak Sabtu (1/4/2017), sehari setelah Esron Sinaga dikukuhkan oleh Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Siantar, Hefriansyah sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Siantar.

Terminal tersebut diaktifkan sesuai dengan permintaan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI. Karena diketahui, dengan status Terminal tipe A, maka Terminal Tanjung Pinggir dikelola oleh Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemenhub.

Seperti dikatakan oleh Damanik, pegawai Dishub Siantar yang sedang bertugas, tepatnya di depan pintu masuk Terminal Tanjung Pinggir. Dikatakannya, bahwa setiap bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) harus memasuki Terminal Tanjung Pinggir.

Baik itu yang dari arah Kota Siantar maupun yang menuju Kota Siantar. Beberapa petugas berada di Jalan Medan, simpang masuk ke Terminal Tanjung Pinggir. Tidak hanya AKAP, bus atau angkutan kota (angkot) Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) juga diharuskan masuk ke Terminal Tanjung Pinggir.

"Tidak ada pengutipan yang kita lakukan. Kita masih tahap sosialisasi kepada supir bus. Ini berlangsung sudah sejak tanggal 1 April kemarin. Bus yang masuk, kita data, difoto dan akan dikirim laporannya ke Kementrian," ujarnya diamini temannya bermarga Panjaitan.

Adapun, data yang dimaksud adalah berapa jumlah penumpang di bus tersebut, trayeknya dan lainnya. Hal itu akan dilaporkan ke Kemenhub agar lebih mengetahui berapa bus yang masuk ke Terminal.

"Data ini langsung kami kirimkan sebagai laporan. Karena Terminal ini dikelola oleh pusat, nanti kami yang honor maupun PNS akan diusulkan sebagai pegawai Kementrian. Bus yang masuk kalau ke arah Kota Siantar, masih tetap balik ke arah Jalan Medan," tutupnya sambil membunyikan pluitnya agar bus masuk ke Terminal.

 

Penulis: ndo. Editor: abn.