Humbahas, hetanews.com - Tampaknya rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat daerah Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata utama di Indonesia masih sangat sulit untuk terwujud.

Bukan hanya dari segi sumber daya alam dan manusia, melainkan sarana dan prasarana pendukung seperti jalan juga masih sangat riskan untuk membuat Danau Toba menjadi 'Monaco' nya Indonesia.

Seperti Kecamatan Baktiraja yang digadang-gadang menjadi salah satu daerah destinasi wisata Danau Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), sudah sejak sebulan terakhir ini terlihat banyaknya jalan yang amblas di beberapa titik.

Kerusakan akses Jalan Doloksanggul-Baktiraja. (foto: Trendy).

Ironisnya jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Doloksanggul dengan Kecamatan Baktiraja.

Besaran amblas juga bervariasi, mulai dari amblas yang memakan bahu jalan sampai ada juga yang memakan badan jalan. Hal ini sangat disayangkan masyarakat.

Pasalnya jalan antara Doloksanggul dengan Baktiraja memiliki kontur yang menurun curam, banyak tikungan, dan jurang disepanjang jalan. Hal ini juga diperparah dengan tidak adanya penerangan di sepanjang Jalan Doloksanggul-Baktiraja.

Penghubung Jalan Merdeka Desa Sosor Gontin. (foto: Trendy). 

Saat dikonfirmasi kepada salah satu pengguna jalan yang hampir kecelakaan di sekitar jalan yang amblas, Boru Simamora sangat kecewa dengan kualitas pembangunan di Humbahas.

“Ini merupakan jalan utama di daerah wisata Bakkara, tapi kualitasnya seperti ini, bagaimana mau jadi daerah wisata kalau sarananya saja begini,” ujarnya.

Senada dengan Boru Simamora, seorang warga yang bermukim di sekitar jalan yang amblas juga sangat menyayangkan sikap pemerintah yang lamban untuk menangani dan memperbaiki jalan rusak tersebut.

Longsor yang terjadi di Jalan Doloksanggul-Baktiraja. 

“Apa harus menunggu korban dulu baru diperbaiki jalan ini? Padahal kalau malam, jalan ini sangat gelap, terlebih lagi ini jalan yang curam. Takutnya ada warga yang tidak memperhatikan dan bukan tidak mungkin kecelakaan bakal terjadi, jangan kalau Presiden mau lewat baru diperhatikannya,” tegasnya.

Masyarakat dan para wisatawan sangat berharap kesigapan pemerintah untuk memperbaiki jalan ini. Pasalnya selama ini masyarakat harus ekstra hati-hati untuk melintas dari Doloksanggul menuju Baktiraja. Mereka juga berharap jangan sampai memakan korban baru pemerintah berinisiatif memperbaiki.