Simalungun, hetanews.com - Dalam bulan April ini, Alat Mesin Pertanian akan disalurkan ke sejumlah daerah pertanian di Kabupaten Simalungun. Untuk itu, Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun berupaya untuk melakukan pengadaan alat pertanian itu secara merata ke tiap daerah pertanian tingkat kecamatan.

Potensi pertanian di Kabupaten Simalungun cukup besar. Untuk daerah persawahan irigasi, tercatat seluas 35250 Ha Lahan dan 115 ribu Ha lahan kering. Sedangkan Sentra Padi tersebar di 14 Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Simalungun. Untuk pengadaan alat pertanian tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun terlebih dahulu melakukan pendataan untuk memastikan penyaluran tepat sasaran.

"Kita coba dulu melihat data, daerah (lahan pertanian) mana yang memerlukan," ucap Jan Posman Purba Kepala Dinas Pertanian Senin (3/4/2015).

Kepala Dinas ini mengatakan, Alat Mesin Pertanian tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam program Ketahanan Pangan bagi daerah pertanian di Kabupaten Simalungun. Oleh karenanya, petani lahan kering seperti petani padi gogo dapat mengoptimalkan hasil panennya dengan bantuan mesin tersebut.

Tractor yang akan dibagikan ke masyarakat petani. (foto : Hug)


"Ini anggaran dari pusat untuk ketahanan pangan," imbuhnya.

Alat Mesin Pertanian tersebut, kini 'tersimpan' di halaman samping yang letaknya persis di samping tembok gedung Dinas Pertanian. Amatan hetanews, mesin pertanian yang ada di tempat tersebut adalah hantractor dan rice plant.

Jan Posma, yang ditanyai terkait jumlah bantuan alat pertanian itu belum memberikan informasi secara detail. Namun ia menerangkan ada 9 unit rice plant (Alat Tanam) dan 4 unit hantractor.

"Program ini untuk ketahanan pangan di Simalungun. Simalungun punya potensi lahan pertanian yang besar," ujarnya sembari mengatakan pihaknya akan segera menyalurkan alat pertanian tersebut pada bulan April.