HETANEWS

Swakelola Rp 10 M PSDA Jadi Temuan BPK RI, Komisi II dan Mitra Kerja Gelar RDP Dadakan

Tampak suasana RDP dadakan Komisi II dengan sejumlah SKPD yang merupakan mitra kerja di ruang rapat Komisi. (foto : Zai)

Simalungun, hetanews.com - Komisi II DPRD Kabupaten Simalungun, Jumat (31/3/2017) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) secara dadakan dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) Pemkab Simalungun yang merupakan mitra kerja.

Informasi diperoleh menyebut, rapat dadakan yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II, Umar Yani tersebut terkait adanya temuan Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI terhadap anggaran sebesar Rp 10 miliar yang dilaksanakan secara swakelola oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Simalungun pada tahun anggaran (TA) 2016.

"Pergilah kalian ke DPRD Kabupaten Simalungun sekarang, di Komisi II ada RDP dadakan sebab di luar jadwal. Informasinya RDP dadakan tersebut terkait adanya temuan BPK RI terhadap anggaran sebesar Rp 10 miliar yang dikelola Dinas PSDA pada TA 2016 secara swakelola," kata sumber yang jati dirinya enggan dicatutkan.

Akan tetapi apa yang disampaikan sumber yang layak dipercaya itu dibantah oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Simalungun, Umar Yani seusai menggelar RDP di ruang rapat Komisi II di Jalan Jan Horailam Saragih di Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun.

"Itu tak benar, bahkan Komisi II sampai saat ini masih belum menerima hasil audit BPK RI terhadap keuangan Pemkab Simalungun TA 2016. Memang RDP ini kita gelar di luar jadwal. karena adanya informasi penggunaan anggaran secara Diskresi dan Perbup. Dan sampai sejauh ini Perbup yang dimaksud belum ada kami terima," bilang Umar.

Hal itu juga diakui anggota Komisi II DPRD Kabupaten Simalungun, Esron Simbolon di ruang sidang.

"Sudah 2 tahun setengah kita duduk di Komisi II ini, akan tetapi Peraturan Bupati (Perbup) yang saudara katakan sebagai payung pelaksanaan kegiatan fisik belum pernah kami terima," ketus Esron kepada mitra kerja Komisi II.

Pantauan di lokasi, tampak hadir mendampingi Ketua Komisi II pada RDP dadakan tersebut, Fao Saut Sinaga selaku koordinator, Ramanuddin Purba, Walpiden Tampubolon, Sastra Joyo Sirait, Sugiarto, Esron Simbolon, dan satu orang lainnya selaku anggota Komisi II DPRD Kabupaten Simalungun.

Sementara para Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) PSDA, Budiman Silalahi dan Plt Kadis PU Bina Marga, Beni Saragih, serta Kepala Bappeda tidak hadir yang menurut keterangan yang mewakili, keberadaan atasan mereka sedang mengikuti rapat yang digelar Bupati Simalungun.

Penulis: zai. Editor: abn.