HETANEWS

JR Saragih: Kalian Semangat, Kedepan Kalau Ada Pesta, Jangan Bawa Nasinya ke Rumah

Bupati JR Saragih jenguk korban keracunan makanan yang dirawat di RSVI.

Simalungun, hetanews.com - Bupati Simalungun JR Saragih menjenguk para korban keracunan makanan yang dirawat di Rumah Sakit Vita Insani (RSVI) Jalan Merdeka, Kota Siantar, Jumat (24/3/2017).

Kedua pasien itu yakni ibu dan anak Cristiani Malau (37) dan Lowella Simamora (10) yang dirawat di ruang 314. Kedatangan JR Saragih didampingi Kadis Kesehatan Jan Maurisdo Purba, Kadis Pendapatan Mixnon Simamora dan Kakan Satpol PP Ronny Butarbutar. 

Kepada Bupati, Cristiani menceritakan awalnya dia memakan nasi kotak dari acara adat di Kampung Belek Nagori Bah Sampuran, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, Rabu (22/3/2017).

"Nasi kotaknya, kami bawa pulang ke rumah. Sampai di rumah sekitar jam 7 malam, saya bagi dua makannya sama anak ku (Nowella)," kata Cristiani.

Berselang beberapa jam, mereka langsung merasakan pusing dan mual, sampai akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Sementara itu, JR Saragih memberikan semangat kepada para pasien untuk lebih kuat. “Kalian harus semangat. Buat ini pembelajaran. Ke depan kalau ada acara pesta atau adat jangan bawa nasinya ke rumah. Cukup makan di sana saja,” ungkapnya.

"Ia pak, saya semangat (sembuh) kok pak, anak-anak saya masih kecil," jawab Cristiani

Ketua DPD Partai Demokrat Sumut ini juga menuturkan,  jika semua biaya perobatan pasien ditanggung Pemkab Simalungun. “Keluarga pasien tidak usah khawatir, semua biaya perobatan ditanggung Pemkab Simalungun. Kalian cukup semangat saja, biar cepat sembuh,” ujarnya di hadapan para pasien.

Terpisah, sampai saat ini para pasien korban keracunan masih dirawat di Puskesmas Balata. Namun, sebagian korban dirawat inap di Aula Kantor Camat dengan menggunakan pelbed hasil koordinasi Bupati Simalungun dengan Dandim 0207/Simalungun dan Danrem 022/PT. 

Baca: (Ini Kronologi Puluhan Warga Bah Sampuran Keracunan Makanan).

sumber: tribunnews

Editor: aan.