HETANEWS

Hakim PN Simalungun Lakukan Pembiaran, Saksi Duduk Seraya Angkat Kaki

Saksi saat memberi keterangan dengan posisi duduk seraya angkat kaki. (foto : ayu)

Simalungun, hetanews.com - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Simalungun yang diketuai oleh Lisfer Brutu bersama para Hakim lainnya Melinda Aritonang dan Novarina Manurung melakukan pembiaran soal etika dan sopan santun. Pasalnya, dalam persidangan Majelis Hakim tidak menegur saksi yang kakinya diangkat atau ditimpakan ke kaki lainnya saat memberi keterangan, Selasa (21/3/2017).

Ketua Majelis Hakim yang notabene adalah seorang Ketua Pengadilan Negeri Simalungun dengan santai saja melayangkan pertanyaan kepada saksi tanpa memerhatikan kondisi duduk saksi. Demikian halnya, saksi juga dengan santainya duduk dengan posisi kaki yang tak sepantasnya saat menjawab pertanyaan dari Hakim.

Ternyata, dalam sebuah persidangan yang seharusnya nilai-nilai kesopanan dijunjung tinggi, dalam persidangan kali ini sudah terabaikan. Hakim pun tak ambil pusing karena tidak menegur saksi. Bagai duduk di cafe, ketika saksi kembali duduk di kursi pengunjung pun, tetap duduk dengan santainya dengan posisi kaki diangkat tanpa teguran Hakim.

Seyogianya semua pengunjung dalam persidangan harus bersikap sopan dan santun, apalagi ketika menjadi seorang saksi yang duduk  di depan seharusnya bertingkah laku sopan sebagai bentuk sikap menghargai persidangan. Tapi saksi berbeda dengan saksi yang satu ini, seakan tidak menghargai keberadaan Hakim sebagai “yang mulia".

Penulis: ay. Editor: abn.