HETANEWS

Kamis Ini KPUD Siantar Launching Rumah Pintar Pemilu

Ketua KPUD Siantar, Mangasi Purba berikan penjelasan pada Wakil Wali Kota, Hefriansyah. (foto : Humas)

Siantar, hetanews.com - Rencana Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Santar untuk membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP), mendapat apresiasi dari Wakil Wali Kota, Hefriansyah.

Dengan adanya  RPP ini, nantinya diharapkan para siswa calon pemilih pemula maupun masyarakat umum serta kader-kader muda partai politik bisa belajar langsung tentang teknis Pemilu atau Pilkada dari Komisioner KPUD.

“Apalagi, Kota Siantar sempat menjadi perhatian nasional akibat penundaan Pilkada yang hampir setahun serta masalah-masalah teknis Pilkada lainnya. Tapi kita bersyukur, akhirnya Pilkada bisa digelar dengan suasana yang damai, aman, nyaman dan demokratis. Kami tentunya sangat mengapresiasi rencana KPU untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang Pemilu melalui RPP ini,” sebut Hefriansyah.

Hal itu disampaikan Hefriansyah didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, Reinward Simanjuntak dan Plt Kabag Humas Jalatua Hasugian, saat menerima Komisoner KPUD Siantar dipimpin Ketua, Mangasi Purba, bersama 3 orang komisioner yakni, Amril Zein, Batara Manurung, dan Jakfar Saragih.

Kedatangan mereka (Komisioner KPUD), Senin (20/3/2017) di ruang kerja Hefriansyah, Kantor Wali Kota, juga didampingi Sekretaris KPUD Hermanto Panjaitan.

Direncanakan, RPP ini bisa segera dilaunching pada hari Kamis (23/3/2017), agar langsung bisa digunakan oleh masyarakat, sekaligus pencerahan tentang demokrasi di Siantar.

“Dengan adanya RPP ini, KPUD juga akan menggandeng Dinas Pendidikan (Disdik) untuk bisa memberikan pemahaman kepada siswa tentang teknis-teknis Pemilu. Kita membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka membangun proses demokrasi yang semakin baik,” ujar Mangasi Purba.

Komisioner KPUD lainnya, Batara Manurung menambahkan, RPP ini juga sekaligus persiapan KPUf menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 yang akan dirangkaikan sekaligus dengan Pemilu Presiden (Pilpres).

“Karena baru pertama kali digelar Pileg dengan Pilpres sekaligus, tentu masyarakat harus diberikan pemahaman tentang hal tersebut. Kita juga mengharapkan kerjasama dengan partai politik dalam mensosialisasikan pemahaman tentang Pemilu ini kepada masyarakat,” sebut Batara.

Penulis: ndo. Editor: aan.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.