Tebingtinggi, hetanews.com - Pihak Propam Polres Tebingtinggi menggelar pemeriksaan senjata api (senpi) atau yang biasanya disebut pistol terhadap ratusan personel  selama dua hari sejak Kamis-Jumar (16-17/3/2017) di Mapolres setempat.

Pemeriksaan tersebut dipimpin langsung oleh Kanit Provam Iptu Yan Bert Hutagalung yang berlangsung aman dan tertib dan dihadiri petinggi Polresta Tebingtinggi.

Pantauan hetanews, terlihat personel Polres yang memiliki senpi sibuk dengan senjatanya seraya membersihkan karena telah macet dan tidak bisa lagi ditembakkan. Para personel polisi baik tua maupun muda, menunjukkan loyalitasnya kepada pihak Propam untuk diperiksa kondisinya.

Salah seorang polisi berpangkat Aiptu ketika ditanya wartawan mengakui kegiatan pemeriksaan pistol yang dipakai para anggota positif, karena selama ini banyak senpi disalahgunakan. "Saya senang pistolnya diperiksa dan kita akan tau sampai dimana kekuatan tenaga tembakannya. Kondisi ini yang akan diteliti pihak Propam dan jika sudah tidak layak seharusnya diganti karena pihak Polri bisa malu jika senjatanya tumpat," ungkap Aiptu yang sudah berambut putih itu.

Sementara itu, Iptu Yan Bert ketika dihubungi wartawan membenarkan ratusan senpi milik Polresta Tebingtinggi diperiksa secara intensif. "Pihak kita tidak mau kecolongan senpi yang digunakan personel. Karena jika sudah hilang, senpi itu harus terus dicari. Makanya kita periksa secara rutin 6 bulan sekali dan jika izin penggunaannya sudah kadaluarsa, maka pistol itu kita tarik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kita periksa agar jangan kehilangan pistolnya,” kata Yan Bert sembari tersenyum melihat pistol ada yang berkarat.