HETANEWS

Pengurus PWI Siantar Audiensi bersama Wakil Walikota Hefriansyah

Pengurus PWI Siantar yang dipimpin langsung oleh Ketua Sunardinsyah bersama sejumlah pengurus lainnya, audiensi bersama Wakil Walikota Siantar Hefriansyah. (foto : humas)

Siantar, hetanews.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Siantar mendukung upaya Dewan Pers untuk membenahi media, termasuk melakukan verifikasi perusahaan pers, maupun sertifikasi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Dengan demikian, diharapkan keberadaan media semakin profesional, bisa mencerdaskan serta mengedukasi, bukan malah membuat bingung masyarakat.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan Pengurus PWI Siantar Periode 2016-2019 yang belum lama ini dilantik dengan Wakil Walikota, Hefriansyah di ruang kerjanya di Balai Kota Siantar, Jalan Merdeka. Pengurus yang dipimpin langsung oleh Ketua Sunardinsyah dan Sekretaris Limson Hutabarat bersama sejumlah pengurus lainnya, menyampaikan sejumlah pokok-pokok pikirannya.

Diakui, upaya penertiban dan pembinaan media-media yang sudah begitu bebas, butuh keseriusan dan penuh tantangan. Namun, demi kemandirian dan profesionalisme Pers, upaya Dewan Pers tersebut patut didukung semua pihak. Dengan begitu, pemerintah maupun masyarakat bisa mendapatkan manfaat tentang kebutuhan informasi publik secara baik dan objektif. “Salah satu program yang menjadi fokus PWI saat ini adalah bagaimana membangun kembali pemahaman publik tentang produk jurnalistik yang profesional,” ujar Wakil Ketua, Mulia Siregar.

Ketua PWI, Sunardinsyah, mengharapkan terbangunnya hubungan kemitraan yang sinergis antara Pemerintah Daerah dengan Pers. “Kami sebagai mitra kerja sekaligus sosial kontrol, sangat mendukung program Pemko Siantar yang benar-benar berpihak kepada kepentingan rakyat banyak. Mari kita bangun bersama Kota Siantar yang merupakan rumah kita bersama. Pemko Siantar juga diharapkan bisa mendukung berbagai program PWI Siantar, terutama kegiatan-kegiatan pemberdayaan dan pelatihan bidang jurnalistik,” katanya.

Wakil Walikota yang didampingi Plt Kabag Humas Jalatua Hasugian, mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus PWI Siantar yang baru dilantik. Semua masukan, saran dan kritikan yang disampaikan PWI merupakan bahan penting dan pertimbangan bagi Pemko Siantar, dalam rangka menjalankan pemerintahan dan pembangunan. Media diminta tetap mengawal kinerja pemerintah. Sepanjang objektif dan tidak mengada-ada, bukan isu atau fitnah, media dipersilahkan memberitakannya. Karena pemberitaan tersebut, akan menjadi bahan koreksi sekaligus evaluasi bagi Pemko dalam rangka perbaikan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Berilah kesempatan kepada kami untuk bekerja sebagai pelayan masyarakat, sebab saya bukan penguasa yang bisa bertindak suka-suka. Kalau memang ada kerja kami yang menyalah, silahkan diinformasikan, sehingga kami bisa mengevaluasi kinerja para staf. Jika memang informasi yang diberitakan media benar, tentu saya akan melakukan tindakan. Namun saya berharap, agar media senantiasa berjalan pada aturan, tetap objektif serta berpegang pada Etika Jurnalistik. Karena itu, ke depan, mari kita jalin kemitraan yang saling mengisi dalam berbagai keterbatasan yang kita miliki. Tidak mungkin saya melakukan hal yang tak mampu saya lakukan,” katanya.

Penulis: ndo. Editor: abn.