Siantar, hetanews.com - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Siantar sudah mulai agak lega karena Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sudah bisa dicairkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Siantar, Adiaksa Purba mengatakan, bahwa TPP sudah bisa dicairkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sudah mengajukan.

"TPP sudah cair, sebagian yang mengajukan sudah cair. SKPD yang bermohon itu, kan itu usulan dari SKPD. Jadi, kalau sudah masuk (permohonan pencarian) sama kami, ya kami proses," ujarnya kepada wartawan, Jumat (17/3/2017) via seluler.

Lanjutnya, pencarian itu dikarenakan telah diterbitkannya Surat Keputusan (SK) bendahara pengeluaran di masing-masing SKPD.

"Semua sudah ada bendahara SKPD. Tinggal kepala SKPD lah yang mengusulkan. Belum semua, siapa SKPD nya yang bermohon untuk bulan Januari Februari, ya kami proses. Ya kalau ada sekarang, kami proses. Kalau ada minggu depan kami proses. Siapa yang duluan masuk berkasnya, kami proses," tutur Adiaksa.

Mengenai serapan anggaran yang masih rendah, ini dikarenakan SKPD belum bekerja maksimal yang kemungkinan akibat dampak belum adanya pimpinan SKPD yang defenitif. Dalam artian lain, semua kepala SKPD masih menjabat sebagai Plt.

"Masih rendah serapan anggaran. Dampaknya kita tanya dari SKPD nya. Ya kalau pimpinan SKPD nya ya sudah ada, ya bergegaslah. Kami sifatnya menunggu. Kalau ada SKPD yang sudah bekerja, mengajukan anggaran, kami proses," sebut Adiaksa.

Sebelumnya Adiaksa mengatakan, TPPdiberikan berdasarkan jabatan struktural yang ditempatinya.

"TPP itu berdasarkan jabatan struktural yang dijabatnya. Untuk menanyakan itu, coba tanyakan ke BKD (Badan Kepegawaian Daerah)," ujarnya ketika dihubungi via seluler.