Simalungun, hetanews.com - Hunimart Girsang selaku Anggota Komisi III DPR-RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, Kamis (9/3/2017).

Kehadiran Junimart disambut oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Irvan Paham PD Samosir didampingi Kasubbagbin Dasmer Saragih, Kasi Intel Parulian K Sinaga, Kasi Pidum Novriadi Andra dan Kasi Pidsus Rendra Y Pardede.        

Setelah melakukan pertemuan di ruang kerja Kajari di lantai 2 gedung Kejaksaam tersebut selama 2 jam, Junimart Girsang mengadakan jumpa pers sekaligus menjawab pertanyaan wartawan.

Dia mengatakan agar Kejari Simalungun, khususnya yang membidangi perkara Tipikor untuk tidak ragu-ragu dalam melakukan peningkatan pengusutan kasus-kasus korupsi dari penyelidikan (lid) ke penyidikan (dik), khususnya penanganan kasus bantuan sosial (bansos) tahun 2012-2014 berbiaya ratusan miliar rupiah.

"Yang penting sudah ada dua alat bukti, sudah ada kerugian negara,  silahkan penanganan kasus dugaan korupsi bansos ditingkatkan ke penyidikan. Tidak harus menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," sebut Junimart.

Sebelumnya, Kajari Simalungun Irvan Paham PD Samosir mengungkapkan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kejari Simalungun untuk mengusut tuntas kasus korupsi.

Tim Pidsus Kejari Simalungun hanya punya 3 tenaga Jaksa yang juga diikutsertakan untuk pidana umum (pidum). Kajari berharap kepada Komisi III melalui Junimart Girsang dapat memberikan masukan dalam hal ini.

“Karena pengusutan kasus korupsi di Simalungun mepunyai cakupan yang sangat besar, mengingat Simalungun yang terdiri dari 33 Kecamatan dan 300 an lebih Nagori. Banyaknya laporan yang masuk dan keterbatasan SDM menjadi penyebab tak secara maksimal ditangani,” jelas Irvan.

Menanggapi hal ini, Junimart Girsang berjanji akan segera mencari solusi dan akan membahasnya di Komisi III DPR-RI. Disebutkan, tugas dan fungsi (tupoksi) Komisi III adalah melakukan pengawasan terhadap kinerja Kejaksaan, Pengadilan, Kepolisian dan BNN.

Usai berkunjung ke Kejari Simalungun, Junimart melanjutkan kunjungannya ke Pengadilan Negeri (PN) Siantar dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Siantar.